Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana

Umumnya pisang berwarna kuning atau hijau. Tapi ada beberapa jenis varietas pisang yang berwarna biru, merah dan variegata. Pisang merah juga ada banyak jenisnya dan artikel ini akan membahas pisang merah darah atau Scarlet Banana.

pisang merah
facebook.com/蘇洲


Jika kamu adalah orang yang gemar memakan pisang, tentu akan bijaksana jika mengerti bahwa buah satu ini memiliki lebih dari 1.000 jenis yang tersebar di sekitar 100 negara di dunia.

Tapi jika kamu adalah orang yang kurang pergaulan, maka jenis pisang yang bakal kamu konsumsi dari toko hanyalah jenis pisang Cavendish saja. Ini karena pisang Cavendish adalah pisang yang saat ini mendominasi pasar ekspor dan dianggap sebagai salah satu pisang unggulan.

Tapi beruntunglah bagi orang Indonesia, karena di negara kita ini, banyak sekali jenis pisang yang tumbuh dan beredar di pasaran. Meski banyak orang memuja Cavendish, tapi di pasar tradisional, beragam pisang dijual oleh pedagang yang membelinya dari petani.

Ada salah satu pisang yang sangat menarik yakni Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana. Pisang ini akan sulit kamu temukan di pasar tradisional. Namun pisang ini bisa kamu temukan di pedagang tanaman hias jika beruntung.

Mengapa? Berikut ini penjelasannya!

Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana

Nama ilmiah dari Pisang Merah Darah adalah Musa coccinea. Ini dikenal secara luas sebagai pisang merah atau pisang yang berbunga merah. Spesies tanaman ini berasal dari keluarga pisang raja.

Asal-usul pisang Merah Darah atau Scarlet Banana adalah asli dari Guangdong, Guangxi, Yunnan Tenggara dan Vietnam. Bunga pisang ini menjulang tegak ke langit, tidak seperti pisang pada umumnya yang menjulang ke bawah.

Orang yang mengeskplorasi pisang Merah Darah atau Scarlet Banana bernama Markku Hakkinen. Itulah mengapa pisang ini juga disebut sebagai Musa haekkinenii

Hakkkinen menemukan pisang ini di Vietnam utara pada tahun 1970-an. Spesies ini kemudian diamati lebih intensif pada tahun 2008 dan kemudian dijelaskan secara ilmiah pada tahun 2012 oleh Ngoc-Sam Ly.

Di Vietnam, pisang Merah Darah memiliki nama lokal Chuoi rung hoa do. Chuoi rung bermakna pisang liar dan hoa do berarti yang berbunga merah. Secara liar, penyebarannya masih kurang diketahui dan pisang ini dikenal sebagai tanaman hias.

Pisang Merah Darah Tidak Dapat Dikonsumsi

Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana termasuk jenis tanaman kecil. Pisang ini tumbuh hanya 1 hingga 1,5 meter. Bunganya tegak menuju langit dengan batang semu yang biasanya berdiameter 3-4 sentimeter.

Pisang Merah Darah jantan memiliki warna merah yang lebih cerah jika dibandingkan dengan pisang Merah Darah betina. Pisang merah ini diserbuki oleh kelelawar.

Bunga yang tegak ke langit akan menghasilkan buah yang tidak dapat dimakan. Buahnya berwarna oranye dengan panjang hanya sekitar 2 sentimeter. Tapi pandangan lain mengisahkan bahwa pisang ini dapat dimakan.

Sulit Ditemukan di Alam Liar

Meskipun dimasukkan di dalam jenis pisang liar, tapi pisang Merah Darah sangat sulit ditemukan di habitatnya yang ada di Vietnam utara. Pada tahun 2008 dan tahun 2010, telah ada upaya untuk menemukan populasi liarnya, tapi gagal.

Saat ini spesies yang hidup dari pisang Merah Darah atau Scarlet Banana disimpang di Kebun Raya Calicut di Kerala, India. Selain itu, di Kebun Raya Singapura juga mengoleksi tanaman ini. 

Di Prancis, pisang Merah Darah atau Scarlet Banana berada di Jardin des Plantes di ibu kota Paris.

Iklim budidaya tanaman pisang Merah Darah ini adalah tropis monsun yang kemungkinan sulit bertahan jika suhu berada di bawah 10 derajat celcius.

Pada tahun 2011, terdapat penelitian yang menyebutkan ada kemungkinan pisang Merah Darah atau Scarlet Banana dapat digunakan sebagai pewarna alami.

Di Indonesia, belum diketahui apakah jenis pisang yang digunakan sebagai tanaman hias ini sudah dikenal luas. Tapi beberapa toko daring ada yang menyediakannya meski masih jarang.

Dalam jurnal ilmiah Makara yang ditulis oleh Lulut Dwi Sulistyaningsih, Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana ini juga tumbuh di Cibodas Botanical Garden.

Jenis pisang Merah di Indonesia yang paling sering dijumpai adalah Pisang Genderuwo atau Pisang Kidang. Pisang ini dapat dikonsumsi dan memiliki nilai ekonomi yang lumayan.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Merah Darah atau Scarlet Banana"