Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Barangan: Ciri, Manfaat dan Model Olahan

Pisang Barangan adalah pisang unggulan. Pisang ini disebut identik berasal dariMedan, Suamtera Utara dan sangat laris di pasaran. Pisang Barangan enak disantap begitu saja tetapi kadang juga diolah dengan resep jitu untuk menghasilkan santapan lezat.

pisang barangan

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi pisang, mungkin sudah sangat mengenal pisang Barangan. Pisang satu ini sangat unggul karena rasanya yang sangat manis. Aroma pisang Barangan juga harum.

Tapi bagi kalian yang tidak biasa melihat berbagai jenis pisang, mungkin akan bingung saat melihat pisang Barangan ini. Hal itu dikarenakan penampakan luar pisang Barangan tidak secantik pisang Cavendish meski tapi isinya bahkan mampu bersaing dengan pisang tersebut.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang pisang Barangan, manfaatnya dan model olahan serta peluang budidayanya. Semoga tulisan ini bisa memberikan penerang bagi pembacanya.

Pisang Barangan Medan

Ya, benar sekali bahwa pisang Barangan lebih sering disebut sebagai pisang Barangan Medan. Ini karena pisang tersebut terkenal berasal dari wilayah itu.

Di Medan khususnya dan umumnya di Sumatera Utara, dulu banyak sekali orang yang membudidayakan pisang Barangan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, ada yang menyebutkan lahan pisang Barangan menyusut karena diganti tanaman Kakao dan Sawit.

Ciri pisang Barangan

pisang barangan mentah

Sebagai salah satu pisang unggulan selain pisang Raja Sereh atau Pisang Raja Bulu, pisang Barangan ini juga sebenarnya mudah dijumpai dipasaran Indonesia. Budidaya pisang Barangan telah meluas tidak hanya di Sumuatera saja tetapi juga telah mencapai Jawa.

Ukuran pisang Barangan sekitar 12-18 centimeter. Ini merupakan pisang yang cukup besar. Warna daging buahnya putih agak oranye. Tekstur daging tidak terlalu lembek dan rasanya sangat manis.

Aroma pisang Barangan cukup harum ketika sudah matang sehingga bisa membangkitkan selesa konsumsi bagi para penggemarnya.

Bagian luar dari pisang ini memiliki warna kuning kemerahan ketika sudah matang. Salah satu ciri khasnya adalah kulit tersebut memiliki bintik-bintik berwarna cokelat, jadi tidak semulus pisang Cavendish atau pisang Ambon. Kulitnya juga cukup tebal.

Penampakan luar pisang Barangan yang totol-totol cokelat itulah yang kerap membuat orang yang tidak tahu, menjadi tidak tertarik dengan pisang ini.

Perbedaan pisang Barangan Merah dan pisang Barangan Kuning

Ada dua jenis pisang Barangan yang kerap beredar di pasaran yakni pisang Barangan Merah dan Kuning. Kedua jenis pisang ini hampir serupa.

Untuk pisang Barangan Merah, ini jenis yang lebih diunggulkan dibandingkan pisang Barangan Kuning. Pisang Barangan Merah memiliki rasa yang lebih manis sedangkan pisang Barangan Kuning lebih asam..

Ujung buah pisang Barangan Merah ini terlihat sedikit meruncing dan untuk pisang Barangan Kuning itu lebih membulat.

Dari luar, warna pisang Barangan Merah lebih kuning-kemerahan dan berbintik cokelat. Untuk pisang Barangan Kuning, kulitnya agak tebal dengan warna kuning cerah dan berbintik cokelat.

Warna daging pisang Barangan Merah dan Kuning juga memiliki sedikit perbedaan. Pisang Barangan Merah warna dagingnya cenderung kuning-kemerahan sedangkan pisang Barangan Kuning warga dagingnya cenderung kuning-keputihan.

Kandungan nutrisi dan manfaat pisang Barangan

Secara umum pisang memang memiliki kandungan nutrisi yang hampir serupa. Manfaat pisang juga banyak dan hampir serupa. Tapi ada sedikit perbedaan dari tiap jenis pisang, khususnya pisang meja dan pisang plantain atau olahan.

Kandungan nutrisi pada pisang Barangan adalah Vitamin B kompleks dan Vitamin C. Pisang ini juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, asam folat dan karbohidrat. Pisang Barangan juga kaya akan serat.

Untuk manfaat, pisang Barangan memiliki banyak hal kelebihan. Pisang ini bisa menjadi sumber energi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Konsumsi pisang Barangan juga disebut dapat mencegah penyakit anemia, baik untuk diet dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan antioksidannya dapat menyehatkan kulit bagi mereka yang kerap mengonsumsi pisang Barangan.

Model olahan pisang Barangan

olahan pisang barangan

Pisang Barangan termasuk dalam kategori pisang meja yakni pisang yang bisa langsung disantap saat sudah matang. Menyantap pisang Barangan tidak perlu susah payah untuk mengolahnya.

Tapi jika memang kamu ingin mengolah pisang Barangan, itu juga bukanlah sebuah kesalahan. Pisang Barangan juga tetap dapat diolah menjadi berbagai jenis model santapan lezat.

Pisang Barangan ini bisa diolah dengan cara digoreng. Ambil saja pisang Barangan yang sudah matang, kupas kulitnya dan goreng di minyak panas. Akan bagus jika kamu membelah pisang Barangan itu menjadi dua atau tiga bagian.

Olahan lain seperti kue, pancake atau bolu juga bisa menggunakan pisang Barangan sebagai salah satu bahan utama.

Pisang Barangan juga dapat diolah menjadi tepung. Tapi untuk satu ini, kamu harus memilih pisang Barangan yang tua tapi belum matang.

Lalu proses penepungan dilakukan dengan beberapa langkah seperti mengukusnya terlebih dahulu, mengupas kulitnya, mengiris tipis-tipis dan menjemurnya sampai kering, kemudian digiling untuk menjadi tepung pisang.

Harga buah dan bibit pisang Barangan

bibit pisang barangan

Untuk harga, pisang Barangan cukup mahal jika dibandingkan dengan pisang lainnya. Tapi ini juga tergantung kualitas pisang itu sendiri, yang biasanya ditentukan dari ukurannya.

Setiap sisir buah pisang Barangan dihargai antara Rp10 ribu sampai dengan Rp25 ribu. Ini adalah harga eceran dari pedagang untuk konsumen.

Jika dari petani, pisang Barangan yang kecil dihargai sekitar Rp8 ribu sampai Rp15 ribu setiap sisirnya. Ini juga tergantung dengan grade dari pisang tersebut.

Jika kamu ingin membudidayakan pisang Barangan, sangat direkomendasikan untuk mencari bibit pisang Barangan hasil dari kultur jaringan.

Harga bibit pisang Barangan Medan ini mulai dari Rp4 ribu sampai Rp20 ribu. Dengan harga yang murah, tentu bibit pisang Barangan masih ukuran kecil. Tapi untuk harga yang lebih mahal, bibit pisang Barangan ini ukurannya lebih besar.

Beberapa pedagang bibit yang menyediakan bibit unggulan seperti bibit pisang Barangan Jumbo akan mematok harga lebih mahal yakni sekitar Rp15 ribu sampai Rp40 ribu setiap bibitnya.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Barangan: Ciri, Manfaat dan Model Olahan"