Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pisang Uli yang Lezat untuk Pisang Goreng

Pisang Uli atau pisang raja Uli adalah salah satu pisang yang populer. Pisang ini cocok untuk digoreng. Budidayanya memiliki peluang dengan mencari bibit pisang uli yang bagus.

pisang raja uli

Hampir semua orang di Indonesia, bahkan di dunia mengetahui buah pisang. Ini karena buah pisang pernah menempati posisi sebagai buah paling populer di dunia.

Pisang memiliki ribuan jenis. Banyak di antaranya adalah pisang liar yang biasanya memiliki biji dan tidak bisa dikonsumsi. Ada banyak juga jenis pisang lain yang dibudidayakan salah satunya pisang Uli atau pisang raja Uli.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pisang raja uli, pisang yang banyak sekali disajikan dengan cara digoreng.

Ciri-ciri pisang raja Uli

Pada dasanya, pisang memiliki ciri yang hampir serupa. Tapi pasti ada sedikit perbedaan yang menunjukkan satu jenis pisang dengan jenis pisang yang lain. 

Untuk pisang Raja Uli, jantungnya berbentuk bulan dengan bagian kelopak luar memiliki warna keungan. Di dalam kelopak jantung pisang raja Uli, warnanya terlihat merah.

Dalam satu tandan, pisang ini umumnya berukuran 1,5 meter sampai dengan 1,7 meter. Ini termasuk pisang yang besar dan jika buahnya bagus, maka bobotnya berat.

Di setiap tandan pisang Raja Uli, biasanya terdapat 4 sisir hingga 8 sisir dan setiap satu sisirnya terdiri dari 6 hingga 8 buah. 

Secara khusus, buah pisang Raja Uli memiliki kulit yang sangat tipis. Daging buahnya kurang manis dan ada rasa sepatnya. Tekstur pisang tersebut lembut dan agak lembek. Dalam hal aroma, pisang Uli baunya tidak terlalu tercium.

Panjang setiap buah pisang Raja Uli sekitar 15-18 centimeter. Ini cukup panjang. Dan setiap buah memiliki bobot antara 70 gram sampai 100 gram. Bentuk buahnya membulat dan memanjang dengan ujing meruncing. Kulitnya berwarna kuning kemerahan saat matang.

Nama lain pisang Raja Uli

Karena saking banyaknya jenis pisang di Indonesia, biasanya satu daerah dengan daerah lain memiliki nama yang berbeda meski sebenarnya sama.

Untuk pisang Raja Uli, ada yang mengatakan bahwa nama lain pisang ini adalah pisang Janten atau pisang Lilin. 

Sedangkan pisang Lilin sendiri salah satu dari jenis kelompok pisang kecil seperti pisang 40 Hari.

Manfaat pisang Raja Uli

Pisang kaya akan karbohidrat, gula dan air. Manfaat pisang Raja Uli bagi kesehatan adalah dapat menyeimbangkan gula darah yang ada di dalam tubuh kita.

Karbohidrat dan gula tersebut juga mampu memberikan asupan energi untuk tubuh serta melancarkan buang air besar.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam pisang Raja Uli dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh karena bersifat antioksidan. Kandungan serat di pisang Raja Uli juga banyak dan jumlah nutrisi yang cukup.

Pisang Raja Uli cocok untuk digoreng

pisang raja uli goreng

Satu hal yang sangat unik dari pisang Raja Uli adalah jenis buah satu ini cocoknya diolah dulu sebelum dikonsumsi langsung.

Ini berbeda dengan jenis buah pisang lain seperti pisang Raja Sereh, pisang Raja Bulu atau pisang Genderuwo. Model konsumsi pisang Raja Uli mirip seperti pisang Raja Nangka yang bagus diolah dulu sebelum dimakan.

Nah, untuk model olahan, pisang Raja Uli biasanya digoreng. Kamu bisa menggoreng pisang tersebut ketika belum matang sempurna, baik itu dibaluri tepung atau biasa begitu saja.

Ada baiknya pisang dibelah-belah dulu agak tipis atau dibelah menjadi tiga bagian. Pisang Raja Uli yang cocok digoreng ini dapat disajikan pada sore hari ditemani dengan sajian kopi atau teh hangat.

Model olahan lain pisang Raja Uli adalah untuk dijadikan sebagai keripik. Pisang Raja Uli yang dijadikan model olahan seperti ini, dibelah secara tipis-tipis, serupa dengan pembuatan keripik dari bahan lainnya.

Harga buah dan bibit pisang Raja Uli

bibit pisang raja uli

Di pasaran, harga pisang Raja Uli ini beragam. Antara pasar tradisional, pasar modern dan pasar online, harganya juga berbeda-beda.

Di market place online, rata-rata pisang Raja Uli satu sisir harganya antara Rp11.000 sampai Rp18.000. Untuk satu tandannya, ada yang menjual antara Rp70.000 sampai dengan Rp100.000.

Untuk rata-rata, setiap pisang Raja Uli yang matang dihargai sekitar Rp15.000.

Bagi kamu yang ingin mencoba membudidayakan pisang Raja Uli, kamu bisa mencari bibitnya di tetangga yang memilikinya. Tapi jika tidak ingin merepotkan, kamu juga bisa membelinya di marketplace online.

Di pasaran online, bibit pisang Raja Uli dijual antara Rp8.500 hingga Rp15.000. Semakin mahal harga bibit tersebut, biasanya ukuran bibitnya makin tinggi atau panjang. Semakin murah harga bibit pisang Raja Uli, maka bentuk bibitnya biasanya akan lebih kecil.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Mengenal Pisang Uli yang Lezat untuk Pisang Goreng"