Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sukses Usaha Keripik Kulit Pisang

Kulit pisang bisa dimakan. Dengan inovasi yang keren, dia bisa dijadikan sebagai kerupuk dan camilan yang enak. Warga di Purwakarta, Jawa Barat, berhasil melakukan inovasi tersebut dan dia sukses meraih omzet puluhan juta tiap bulan.

(Instagram.com/Kulpis_20)

Kreativitas seringkali muncul karena ada tekanan. Itu juga yang dialami oleh Putri Aprilia dan suaminya Ari Hidayat. Mereka adalah pasangan suami istri asal Kabupaten Purwakarta.

Ketika Ari Hidayat berhenti bekerja dari salah satu perusahaan, akhirnya dengan terpaksa keluarga itu harus putar otak untuk mencari pemasukan. Putri mencoba mengolah kulit pisang menjadi makanan.

Mungkin memang makanan yang berasal dari kulit pisang masih jarang ditemui. Tapi beberapa kali uji coba untuk mencari resep dan jatuh bangun berjualan selama berbulan-bulan, akhirnya penjualan produknya mulai mengalami peningkatan.

Putri mengaku "memilih mengolah kulit pisang karena di Purwakarta banyak UMKM berbahan baku pisang. Kita olah kulitnya agar juga bisa dikonsumsi," katanya dikutip Ayo Bandung.

Dari mengolah kulit pisang itu, pasangan suami istri itu justru mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Mereka berdua mengolah kulit pisang itu menjadi cemilan keripik yang dinamai Kulpis. Cemilan ini memiliki bungkus (packing) yang keren dan modern. Warna utama bungkusnya didominasi oleh kuning cerah.

Modal kecil

Dalam pengakuan Putri, mereka menjalani usaha itu dengan menggunakan modal yang kecil. Hanya sekitar Rp250 ribu untuk membeli bahan dasar termasuk plastik bening untuk kemasan.

Menurut penjelasan pemilik Kulpis tersebut, uang itu cukup untuk memulai membuka usaha. Dan karena kuilit pisang banyak yang tidak digunakan, mereka mudah dalam mendapatkan bahan itu dari teman sesama pelaku UMKM.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Putri mengatakan "Kan umumnya yang diolah itu pisangnya, bukan kulit nya. Jadi saya tinggal membeli aja ke teman-teman yang memang usahanya membuat keripik pisang dari pada dibuang dan jadi sampah kan, mending dimanfaatin."

Sempat pasrah karena gagal

Produk inovasi adalah produk yang butuh perjuangan. Apalagi makanan yang berasal dari kulit pisang memang jarang ditemui di pasaran. Karena jenis produk seperti itu butuh pengenalan kepada calon konsumen.

Dalam ceritanya, Putri mengaku membutuhkan waktu selama enam bulan hingga produknya benar-benar bisa diproduksi dan menjadi cemilan yang memang disukai oleh masyarakat. Awalnya sempat pasrah karena mengalami kegagalan dan tidak ada pasar.

"Enam bulan saya merasakan kesulitan mengembangkan usaha ini, tapi saya terus berusaha hingga pada akhirnya penjualan mulai naik secara bertahap. Saya sudah menggeluti usaha ini selama dua tahun dan saat ini ada 11 karyawan bantu produksi," jelas Putri.

Pada tahun 2020 lalu, kulit pisang yang diolah menjadi cemilan tersebut mampu mencapai 50 kilogram dalam sehari.

Dalam strategi pemasaran produk cemilan kulit pisang itu, Putri mulai melakukan pemasaran ke para pedagang di sejumlah tempat wisata, reseller atau dari kalangan pribadi hingga media sosial. Pesanan kemudian terus bertangan dari sejumlah outlet makanan.

Cemilan Kulpis juga sudah ada permintaan dari luar negeri. Pengiriman telah dilakukan ke Malaysia. Beberapa orang dari negara lain seperti Kanada, Filipina, dan Arab Saudi masih sebatas dalam penawaran saja.

Kunci sukses wirausaha

Saat ini Putri dan suaminya memperoleh omzet 20-25 juta dalam satu bulan. Kulpis yang ia buat awalnya dihargai Rp8.000 dan dalam dua tahun berjalan, produk itu dihargai menjadi Rp15.000 untuk kemasan 85 gram.

Putri menyarankan untuk orang-orang yang ingin wirausaha, bahwa kucinya adalah fokus, fokus dalam sebuah hal entah itu dalam produksi atau dalam pemasaran produk.

Kreativitas memang akan bisa memberikan penghasilan jika ditekuni. Apalagi kreativitas yang bisa mengolah limbah menjadi barang berkualitas seperti keripik kulit pisang. 

Kulit pisang yang biasanya dibuang begitu saja menjadi sampah, atau kadang hanya menjadi pakan kambing, rupanya bisa diolah menjadi cemilan yang kekinian. 

Tapi apakah kulit pisang ada gizinya? Tentu saja kulit pisang juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kisanak dapat menyimak artikel Ragam Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh untuk mengetahui secara jelas apa manfaat kulit pisang tersebut dan apa kandungan nutri di dalamnya.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Sukses Usaha Keripik Kulit Pisang"