Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pancake Pisang Takaran Sendok Anti Gagal!

Pisang dapat diolah dengan berbagai model olahan. Salah satunya adalah pancake pisang. Bahan pisang yang bisa digunakan juga sesuai selera. Tapi ada baiknya pancake pisang menggunakan pisang yang manis seperti pisang Cavendish, pisang raja atau pisang ambon.

resep pancake pisang, takaran sendok, resep pancake, pancake pisang, pisang, pancake
Unsplash.com/nikldn

Ada satu model olahan pisang yang sangat lezat. Olahan tersebut adalah pancake pisang atau panekuk pisang. Olahan ini terbilang mudah dan cepat. Sajian yang dihasilkan bisa digunakan untuk cemilan pagi atau sore hari.

Pada kesempatan kali ini, duniapisang.com akan memberikan penjelasan mengenai resep pancake pisang tersebut. Takaran yang digunakan juga mudah yaitu dengan menggunakan sendok.

Untuk Kisanak yang baru belajar masak, resep pancake pisang, ini sangat mudah dipraktekkan. Kemungkinan gagal juga sedikit. Kisanak bisa mencobanya langsung di rumah, untuk disajikan kepada orang-orang terdekat.

Pisang yang Bagus untuk Resep Pancake Pisang

resep pancake pisang, takaran sendok, resep pancake, pancake pisang, pisang, pancake
Unsplashc.om/Eiliv-Sonas Aceron

Indonesia adalah negeri gudangnya pisang. Ribuan varietas pisang tumbuh di negara yang dilintasi khatulistiwa ini. Banyak jenis pisang, dari yang rasanya manis sampai yang sepat.

Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil pisang terbesar di dunia. Tapi sayangnya hasil pisang itu sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. Jadi ekspor pisang Indonesia masih terbilang sedikit.

Tapi Kisanak tidak usah cemas dengan masalah itu. Justru dengan banyaknya pisang di Indonesia, Kisanak memiliki banyak kesempatan untuk menjalankan bisnis olahan pisang. Pisang di Indonesia rata-rata terbilang murah. Bahkan untuk pisang yang lezat seperti pisang Cavendish, pisang raja atau pisang ambon.

Tiga jenis pisang ini, cocok diolah untuk menjadi pancake pisang. Tiga jenis pisang ini terkenal memiliki rasa yang manis dan mudah sekali ditemukan di pasaran.

Meski begitu, Kisanak bisa melakukan improvisasi untuk resep pancake pisang. Kisanak pisa juga menggunakan jenis pisang lain seperti pisang tanduk atau pisang raja sereh.

Kita akan mulai dengan resep pancake pisang ini ya!. Kisanak bisa menyimak resep pisang pancake takaran sendok anti gagal ini.

Resep Pancake Pisang Takaran Sendok

Resep ini dibuat untuk menghasilkan 6 (enam) pancake pisang. Jadi ini bisa dikonsumsi sendiri atau dikonsumsi bersama teman Kisanak.

Untuk bahannya, Kisanak bisa sediakan bahan-bahan ini:

  1. Satu buah (1) pisang ambon atau pisang raja bulu ukuran sedang
  2. Satu (1) butir telur ayam
  3. Tiga (3) sendok makan gula pasir
  4. Dua belas (12) sendok makan tepung terigu
  5. Satu (1) sendok teh baking powder
  6. Setengah (1/2) sendok teh garam (bisa dikurangi jika terlalu asin)
  7. Enam (enam) sendok makan susu putih (100 ml) (bukan susu segar ya, tapi susu yang sudah dipanaskan atau susu UHT)
  8. Satu (1) sendok makan minyak sayur

Setelah Kisanak menyiapkan bahan-bahan tersebut, Kisanak juga bisa menyediakan bahan tambahan lain yakni sirup atau madu. Ini nanti digunakan untuk menyiram pancake pisang yang sudah matang agar hasilnya lebih mak jleb!

Cara pembuatan adonan pancake pisang takaran sendok

  1. Langkah pertama, Kisanak silakan lumatkan pisang yang dijadikan sebagai bahan. Kisanak bisa menggunakan blender atau bisa dilakukan manual dengan cara menggunakan sendok biasa atau sendok garpu. Semakin lembut pisang, semakin bagus. Tapi ini juga tergantung selera. Yang penting hasil pelumatan pisang tidak terlihat kasar.
  2. Langkah kedua setelah pisang lumat, masukkan satu butir telur dan aduk adonan itu sampai benar-benar tercampur.
  3. Langkah ketiga adalah, masukkan tiga (3) sendok makan gula pasir. Aduk adonan itu sampai benar-benar tercampur ya...!
  4. Langkah keempat adalah masukkan dua belas (12) tepung terigu. Aduk terus adonan sampai benar-benar rata. Jika tangan Kisanak pegel, bisa menggunakan mixer untuk mencampur semua adonan tersebut.
  5. Masukkan satu (1) sendok teh baking powder, campur sampai rata.
  6. Masukkan setengah (1/2) sendok teh garam (jika khawatir terlalu asin, Kisanak bisa kurangi garam sesuai selera)
  7. Campur adonan itu sampai merata. selanjutnya, masukkan enam (6) sendok makan susu putih dan campur sampai merata.
  8. Jika sudah tercampur, masukkan satu (1) sendok makan minyak sayur dan aduk lagi sampai rata.

Cara memasak pancake pisang takaran sendok

Sekarang kita memasuki langkah pembuatan pancake pisang. Kisanak bisa siapkan wajan anti-lengket. Tapi Kisanak juga bisa menggunakan wajan biasa, oleskan mentega sebelum menuangkan adonan pancake pisang untuk dimasak.

  1. Panaskan wajan tersebut diatas api sedang. Selanjutnya tuangkan adonan menggunakan sendok. Tunggu adonan pancake pisang sampai muncul gelembung-gelembung kecil dari adonan tersebut.
  2. Setelah adonan di wajan muncul gelembung-gelembung, balik adonan pancake pisang tersebut.
  3. Masak lagi sekitar satu (1) menit sehingga kedua sisinya sampai matang dengan ditandai berwarna kecokelatan.
  4. Jika sudah matang, habiskan semua adonan pancake pisang dengan cara yang sama seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Masak semuanya sampai matang.
  5. Jika semua sudah matang berarti Yeay! Kisanak berhasil memasak resep pancake pisang takaran sendok.
Setelah semuanya matang, susun pancake pisang dengan cara ditumpuk, lalu siramkan sirup atau madu ke atasnya. Jangan banyak-banyak, nanti terlalu manis. Secukupnya saja. Dan tararararara, resep pancake pisang siap disajikan dan siap untuk disantap.


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Resep Pancake Pisang Takaran Sendok Anti Gagal!"