Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Raja Bulu: Ciri, Manfaat dan Model Olahan

Pisang raja bulu bisa disebut rajanya pisang. Di daerah perdesaan, pisang raja bulu adalah salah satu pisang unggulan yang memiliki harga bagus. Ini membuat para petani merawatnya dengan perlakuan istimewa.

pisang raja bulu, pisang raja, raja bulu, raja, bulu, pisang
Pixabay.com

Sebagai negara tropis, Indonesia bisa disebut sebagai surganya pisang. Berbagai jenis pisang tumbuh subur di negara ini, dari ujung barat sampai ujung timur; dari ujung utara sampai ujung selatan.

Karena itu, Indonesia termasuk sebagai salah satu negara penghasil pisang terbanyak di dunia.

Meski begitu, produksi pisang di Indonesia kebanyakan masih didominasi oleh pertanian konvensional. Pertanian modern dalam skala besar hanya dimiliki beberapa perusahaan tertentu.

Sebagian besar hasil pisang Indonesia, lebih banyak beredar di pasar domestik dan hanya sedikit yang menembus pasar mancanegara. Karena itu, jika dibandingkan dengan Filipina yang memiliki model pertanian pisang lebih modern, Indonesia kalah jauh.

Filipina adalah raja pisang Asia Tenggara. Filipina adalah salah satu negara utama eksportir pisang. Pisang unggulan Filipina yang diekspor adalah jenis Cavendish.

Pada kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas tentang peluang pasar pisang Indonesia. Tapi kami akan menjelaskan tentang salah satu jenis pisang unggulan Indonesia, yakni pisang raja bulu, atau kalau di daerah kabupaten Semarang, lebih dikenal sebagai pisang raja.

Pisang Raja Bulu, Rajanya Pisang

Ada beberapa jenis pisang raja yang beredar di pasaran. Tiap daerah biasanya memiliki sebutan yang berbeda. Tapi sejauh ini, beberapa di antara jenis pisang raja adalah raja bulu, raja nangka, raja sereh, raja uli, raja udang dan raja lawe.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan jenis pisang raja bulu, rajanya pisang yang seringkali berharga mahal ketika dijual di pasaran. Karena itu, jenis pisang raja bulu ini juga jenis tanaman pisang favorit petani.

Ciri-ciri pisang raja bulu

Pohon pisang raja bulu ini jika tumbuh dengan baik dapat mencapai ketinggian sampai 3 meter. Model pohon pisang raja bulu seperti kebanyakan jenis pisang raja lainnya.

Tapi buah pisang raja bulu, bisa dilihat dari ukuran dan warna kulitnya. Ukuran pisang raja bulu terbilang sedang, tidak terlalu pendek seperti raja sereh, juga tidak terlalu panjang seperti pisang tanduk.

Kulit pisang raja bulu cenderung tebal dengan bagian dalam yang memiliki selaput berwarna putih semu krem yang kentara.

Saat matang, kulit pisang raja bulu cenderung berwarna kuning-oranye. Aroma pisang raja bulu terbilang harum dan khas. Aroma tersebut sering memicu orang untuk cepat-cepat mencicipinya.

Satu tandan pisang raja bulu, biasanya terdiri dari 6 sampai 19 sisir. Setiap sisirnya, terdiri dari sekitar 15 buah. Panjang pisang sekitar 12 cm hingga 18 cm. Diameter pisang biasanya sekitar 3,2 cm. Satu tandan pisang raja bulu, beratnya bisa mencapai 18 sampai 20 kilogram.

Rasa pisang raja adalah manis dan cenderung ada sedikit madunya. Teksturnya cenderung padat dan lezat. 

Pisang ini terkenal di Indonesia dan Malaysia. Di luar dua negara tersebut, pisang raja bulu terbilang sudah didapatkan. Di Amerika Serikat, pisang raja bulu disebut Musa Belle Banana. Produsen utama di daerah Florida.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Pisang Raja Bulu

Umumnya, kandungan nutrisi dalam buah pisang hampir serupa. Meski ada beberapa jenis pisang yang berbeda, misalnya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi seperti pisang tongka langit, akan tetapi umumnya hampir sama.

Dalam setiap 100 gram pisang raja atau raja bulu, banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah:

  • Kalori dalam pisang tersebut sekitar 108 kkal.
  • Karbohidrat yang dikandung sekitar 28,2 gram.
  • Protein yang ada di dalam pisang raja sekitar 1,3 gram.
  • Dan seperti kebanyakan pisang, kandungan airnya terbilang tinggi yakni 69,3 gram.
  • Lemak juga ada tapi dalam kadar yang sedikit yakni 0,3 gram.
  • Virtamin di dalam pisang raja atau raja bulu adalah vitamin B1, B2, B3 serta vitamin C.
  • Beberapa mineral terkandung dalam pisang raja adalah kalsium, fosfor, kalium, tembaga, zat besi, seng, beta karoten.
  • Kandungan serat pangan dalam pisang raja sekitar 0,7 gram.

Manfaat pisang raja bulu

Dengan kandungan nutrisi yang kaya di dalam pisang raja bulu, maka pisang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pisang raja bulu diyakini dapat meningkatkan imun tubuh, dapat menguatkan tulang, meningkatkan energi tubuh, serta mengurangi gangguan penglihatan.

Selain itu, pisang raja bulu juga bermanfaat untuk menurunkan hipertensi, mengurangi risiko sakit batu ginjal, mengatasi anemia serta menyembuhkan penyakit maag.

Pisang ini bagus untuk ibu hamil tapi dengan jumlah diet yang tepat. Bagus kiranya sebelum mengonsumsi pisang raja, ibu hamil konsultasi dulu ke dokter.

Selain itu, di daerah perdesaan di Jawa, pisang raja kadang juga dijadikan sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI bagi bayi. Caranya, pisang harus dilembutkan sampai benar-benar lembut terlebih dulu, baru kemudian disuapkan kepada bayi.

Model Olahan Pisang Raja Bulu

pisang raja bulu, pisang raja, raja bulu, raja, bulu, pisang
Unsplash.com/Celina Albertz

Manis dan legitnya pisang raja bulu, sebenarnya dapat dimakan begitu saja ketika sudah masak. Pisang raja bulu sangat cocok dimakan setelah makan, atau bisa jadi sebagai oleh-oleh untuk kerabat juga untuk kawan.

Tapi model olahan pisang raja bulu, juga tak kalah lezatnya. Ini tergantung dari siapa yang memasaknya.

Nagasari isi pisang raja bulu

Ada makanan tradisional yang khas menggunakan bahan pisang raja bulu, yakni Nagasari. Rasa pisang raja yang manis, dapat dijadikan sebagai isian utama kue tradisional tersebut.

Kisanak dapat menyiapkan pisang raja yang dipotong melintang. Irisan juga bisa dimodifikasi menjadi bentuk kotak-kotak dadu.

Bahan-bahan yang perlu Kisanak siapkan adalah:

Santan 350 ml

Tepung beras

Tepung tapioka

Vanili

Bahan ini silakan diaduk dan dicampur sampai rata. Santan jangan dihabiskan tapi disisakan sedikit.

Sisa santan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam panci, lalu diberi daun pandan dan gula. Aduk sampai mendidih. Kemudian tepung yang dicampur dimasukkan ke dalam panci, aduk terus sampai menjadi adonan yang kalis.

Setelah itu, ambil daun pisang secukupnya, ambil adonan itu ke dalam daun pisang dan isi didalamnya dengan potongan pisang raja bulu. Setelah itu lipat dengan rapi. Setelah semua adonan dibuat dengan bungkus pisang, Kisanak bisa mengukusnya sampai matang. Nagasari manis dan lezat siap untuk disantap.

Catatan penting, daun pisang yang sedap bisa menggunakan daun pisang batu atau daun pisang klutuk.

Panggang pisang raja bulu

Selain dikukus, pisang raja bulu juga sangat lezat jika dipanggang. Pemanggangan pisang raja bulu bisa menggunakan teflon ukuran sedang.

Siapkan bahan yang sederhana ini, yakni pisang raja bulu, margarin, keju, cokelat meses dan susu cokelat.

Caranya, pisang raja bulu yang sudah masak dibelah menjadi dua. Kemudian panaskan margarin sampai mencair di atas teflon. Setelah itu, panggang pisang raja bulu di atas teflon sampai berwarna kuning kecokelatan.

Usai itu, tiriskan pisang panggang tersebut ke piring. Beri keju parutan di atasnya, kemudian tambah dengan cokelat meses dan siram dengan lelehan susu cokelat.

Ini akan jadi cemilan resep yang sangat lezat dan cocok dimakan dalam suasana sendiri atau ramai-ramai.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Raja Bulu: Ciri, Manfaat dan Model Olahan"