Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Pisang yang Baik

Pisang adalah tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. Jadi pada dasarnya, menanam pisang di Indonesia seharusnya adalah sesuatu yang mudah. Tapi ada hal yang harus diperhatikan agar menanam pisang yang baik dapat menghasilkan pisang yang unggul.

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Unsplash.com/Aleksandar Popovski

Penting untuk diketahui, pisang adalah salah satu tanaman asal Asia Tenggara. Kisanak bisa menyimak ulasannya di artikel Buah Surga Bernama Pisang ini. Dalam tulisan tersebut, dijelaskan secara ringkas tentang asal-usul pisang.

Indonesia adalah bagian dari Asia Tenggara. Di negara ini, pisang sangat mudah tumbuh, dan bahkan dapat dengan mudah mencapai kesuburan yang diharapkan.

Hanya saja, untuk menjadikan pisang sebagai bisnis berkelanjutan, harus dipikirkan dengan serius cara menanam pisang yang baik, biar tidak rugi. Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya masih menjadikan pisang sebagai tanaman sampingan.

Namun kini, modernisasi menanam pisang yang baik mulai banyak dilakukan. Itu karena para petani mulai sadar peluang bisnis buah pisang yang menjanjikan.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan bagaimana cara menanam pisang yang baik, tapi untuk model pertanian skala kecil dan bukan pisang sebagai tanaman sampingan.

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Pixabay.com/Efraimstochter

Pisang itu tanaman tropis. Jadi sepanjang tanah yang ada di Indonesia, seharusnya bisa ditumbuhi pisang. Meski begitu, ada beberapa pengecualian yakni di daerah yang super dingin dan daerah yang super panas serta tanah yang tidak memiliki humus.

Suhu yang cocok untuk tanaman pisang itu antara 21 derajat celsius sampai 29 derajat celsius. Ini perlu diperhatikan, agar pisang dapat tumbuh dengan cepat dan dibarengi dengan cara menanam pisang yang baik agar bisa subur.

Dengan patokan suhu itu, dataran yang cocok untuk menanam pisang adalah di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. 

Apakah pisang tidak dapat tumbuh di luar patokan suhu dan ketinggian dataran yang dimaksud? Bisa. Pisang masih tetap bisa tumbuh tapi hasilnya tidak terlalu maksimal.

Langkah Awal Menanam Pisang yang Baik

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Pixabay.com/ShivaDeep_Edu

Sudah kami singgung sebelumnya, tips kali ini adalah cara menanam pisang yang baik untuk pertanian skala kecil, bukan untuk pertanian sampingan.

Jadi, langkah awal menanam pisang yang baik adalah Kisanak harus menyiapkan lahan terlebih dulu. Lahan yang cocok untuk ditanami pisang, sesuai dengan syarat tumbuh tanaman pisang yang telah dijelaskan sebelumnya.

Luas lahan tidak perlu besar, tapi juga bukan di atas pondasi rumah Kisanak.

Jika lahan sudah disiapkan, sangat baik jika Kisanak membuat lubang ukuran 50cm X 50cm X 50cm. Pembuatan lubang ini bagusnya dilakukan ketika musim kemarau.

Buat lubang di lahan yang Kisanak siapkan dengan jarak 2 meter X 2 meter. Jarak tanam pisang ini, sudah cukup bagus dan masuk kriteria istimewa.

Tapi jika lahan Kisanak itu seluas provinsi DKI Jakarta, baiknya jarak lubang adalah 3 meter x 3 meter.

Jika lubang sudah selesai, silakan Kisanak isi separuh tiap lubang itu dengan pupuk kompos.

Mengapa kami singgung bagus membuat lubang di musim kemarau? Karena biar kompos yang diisikan di dalam lubang semakin terurai.

Nanti ketika musim hujan tiba, Kisanak mulai tanamkan bibit pisang ke dalam lubang yang sudah diisi pupuk tersebut. Sisa tanah galian tanah, bisa Kisanak isikan untuk memenuhi lubang ketika bibit pisang itu ditanam.

Jika Kisanak melakukan cara ini, maka jalan Kisanak menanam pisang yang baik sudah bisa disebut bagus. Ini sudah merupakan prestasi yang luar biasa.

Kecukupan Air ketika Menanam Pisang

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Pixabay.com/Makalu

Air adalah sumber kehidupan, apalagi untuk tanaman pisang. Jika Kisanak meneliti lebih jauh kandungan dalam buah pisang, maka sebagian besarnya adalah air. Kisanak bisa melihat rincian kandungan pisang di artikel Fakta Nutrisi dan Risiko buah Pisang.

Hal yang paling harus diingat dalam menanam, apapun itu jenis tanamannya, adalah perawatan! Perawatan itu penting!

Menanam adalah hal yang mudah, tapi jika tidak dirawat, maka bisa-bisa kita nanti tidak akan panen. Makan tanaman yang ditanam harus dirawat.

Pisang yang sudah ditanam, harus secara berkala dilihat, apakah tumbuh normal atau tidak. Pastikan juga pisang-pisang yang sudah ditanam itu mendapatkan kecukupan air. 

Tapi jika pisang terlalu banyak air, maka dia bisa mati. Maka, air untuk pisang secukupnya saja.

Jika Kisanak mengikuti langkah menanam pisang yang baik dari awal seperti yang sudah dijelaskan, maka besar kemungkinan Kisanak tidak akan kesulitan untuk memberi kebutuhan air tanaman pisang tersebut.

Karena, cara yang kami jelaskan adalah, bibit pisang ditanam ketika mulai musim hujan sehingga Kisanak tidak perlu khawatir bahwa tanamannya akan kekurangan air.

Tapi jika lahan yang Kisanak benar-benar tidak memiliki kecukupan air, bisa dilakukan dengan model irigasi tetes.

Irigasi tetes ini adalah, Kisanak memiliki tampungan air yang dialirkan lewat selang atau paralon ke tiap pohon pisang. Selang atau paralon itu diberi lubang kecil dengan jarum sehingga airnya terus menetes dengan pelan.

Maka, pisang Kisanak akan mendapatkan asupan air yang terus kontinyu dan berkelanjutan.

Penyiangan dan Pemupukan

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Pixabay.com/Mittmac

Setelah memperhatikan persoanal kecukupan air, Kisanak harus secara berkala melakukan penyiangan dan pemupukan. 

Penyiangan yang dimaksud adalah, membersihkan rumput-rumput dan tanaman lain di sekitar tanaman pisang. Agar, tanaman pisang Kisanak tidak berebut jatah nutrisi kesuburan tanah dengan rerumputan itu.

Setelah disiangi, Kisanak berikan pisang itu pupuk. Penggunaan pupuk kimia sudah sering dilakukan, tapi alangkah baik dan istimewa jika diimbangi dengan pupuk organik atau kompos.

Penyiangan dan pemupukan bisa dilakukan setiap tiga minggu sekali atau empat minggu sekali.

Ketika melakukan penyiangan dan pemupukan, tanaman pisang pasti biasanya sudah beranak. Agar hasil lebih maksimal, biarkan anakan itu hanya dua saja. Anakan yang lain silakan didongkel atau dibuang.

Tujuannya, agar tanaman pisang utama tetap bisa subur dan tidak terlalu berbagi banyak nutri dengan anakannya.

Pembersihan Daun dan Pembungkusan Pisang

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Pixabay.com/AllaGuzenko

Setelah pisang tumbuh dengan penyiangan dan pemupukan rutin, akan lebih istimewa daun-daun yang menguning dan mengering dibersihkan. Daun-daun itu bisa ditaruh di sebuah lubang agar bisa membusuk dan mengompos. Jadi nanti bekas daun yang busuk dan jadi kompos, bisa digunakan sebagai pupuk.

Setelah pisang berbunga dan berbuah, dianjurkan untuk membungkus pisang itu dengan plastik atau dengan pelindung lain. Tujuannya, agar buah pisang terhindar dari hama atau dari gesekan yang menyebabkan luka.

Pemanenan

cara menanam pisang yang baik, cara menanam pisang, cara menanam, menanam pisang yang baik, menanam pisang, pisang, cara, menanam
Unsplashc.om/Francesco Ungaro

Buah pisang Kisanak ketika sudah tua, bisa dipanen. Pemanenan bisa dilakukan dengan menebang pohon pisang. Pohon yang sudah ditebang itu, bagusnya dicincang dan dimasukkan bersama sampah daun. Langkah itu bisa membuat Kisanak memiliki pupuk kompos yang bagus.

Setelah dipanen, Kisanak bisa menjual hasil pisang kepada pedagang, pengepul, atau langsung membawanya ke pasar. Kisanak juga bisa mengolah pisang itu menjadi produk jadi, seperti misalnya keripik pisang atau brownies pisang.

Sekian cara menanam pisang yang baik. Jika ada kekurangan, harap dimaklumi.

Sebagai tambahan, jika pisang Kisanak diserang hama, maka harus segera diobati. Jika diserang layu Fusarium, itu sulit diobati. Jika layu fusarium yang menyerang, satu lahan pisang Kisanak bisa terkena semua dan panen Kisanak tidak akan maksimal.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Pisang yang Baik"