Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Pengimpor Pisang Terbesar

Meski pisang ditanam di 135 negara di dunia, namun impor pisang terus mengalami tren kenaikan. Negara-negara yang paling banyak membeli pisang dari luar adalah Eropa, AS dan China. Stok pisang melimpah dari negara eksportir juga turut memicu peningkatan impor.

negara, pengimpor, pisang, terbesar, dunia
Unsplash.com/Waldemar Brandt)

Sebagai buah yang populer, hampir semua negara menjadikan pisang sebagai komoditas komersial. Negara-negara yang tidak banyak memproduksi pisang, akhirnya harus mendatangkan buah pisang dari negara lain.

Ini dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakatnya yang tinggi terhadap buah pisang.

Biasanya, negara-negara yang tidak banyak menghasilkan pisang adalah negara di belahan benua Eropa. Tapi di Amerika Utara seperti AS dan Kanada, mereka juga mengimpor pisang dalam jumlah banyak.

China, dengan wilayahnya yang luas dan jadi salah satu penghasil pisang terbanyak di dunia, juga masih tetap jadi negara pengimpor pisang. Itu dikarenakan jumlah penduduknya yang banyak dan produksi dalam negeri tidak mencukupi permintaan tinggi dari masyarakat.

Lalu, negara manakah di dunia yang paling banyak mengimpor pisang dari negara lain? Berikut ini adalah daftar 10 negara pengimpor pisang terbesar di dunia.

Amerika Serikat Negara Pengimpor Pisang

Negara urutan teratas sebagai pengimpor pisang adalah Amerika Serikat. Negara Paman Sam ini membeli pisang dari luar negeri dalam jumlah yang fantastis. Ini adalah salah satu negara yang sibuk memenuhi kebutuhan pisang untuk masyarakatnya.

Menurut data OEC tahun 2019, AS jadi negara utama pengimpor pisang. Jumlah pisang yang diimpor bernilai 2,4 miliar dolar atau sekitar Rp34,2 triliun. Ini adalah angka yang fantastis.

Pada tahun 2019 itu, negara yang paling banyak menjual pisangnya ke AS adalah Guatemala. Negara itu mengekspor pisangnya ke AS senilai 919 juta dolar atau sekitar Rp13,1 triliun.

Pada tahun 2020, AS mengimpor pisang senilai 2,8 miliar dolar. Ini setara dengan Rp39, triliun. Angka tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan pisang masyarakat AS meningkat dari tahun 2019 ke tahun 2020.

Belgia Pengimpor Pisang

Belgia jadi negara kedua yang pengimpor pisang terbesar di dunia. Negara di Eropa yang berbatasan dengan Belanda tersebut, pada tahun 2020 membeli pisang dari negara lain senilai 1,2 miliar dolar atau sekitar Rp17,1 triliun.

Belgia jadi negara di Eropa dengan jumlah impor tertinggi di kawasan tersebut. Pada tahun 2019, Belgia jadi negara pengimpor pisang dengan nilai 771 juta dolar atau sekitar Rp11 triliun. Di negara tersebut, berdasarkan fakta nilai perdagangan juga terjadi peningkatan permintaan buah pisang.

Rusia Pengimpor Pisang

negara, pengimpor, pisang, terbesar, dunia, importir
(Unsplash.com/Andrey Câmara

Pada urutan ketiga, negara pengimpor pisang selanjutnya adalah Rusia. Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin dan sering bersitegang dengan AS tersebut, pada tahun 2020 membeli pisang dari luar negaranya senilai 1,1 miliar dolar atau Rp15,6 triliun.

Pada tahun 2019, Rusia jadi pengimpor pisang dengan nilai 670 juta dolar atau setara Rp9,5 triliun. Pada tahun tersebut, sebagian besar pisang yang didatangkan oleh Rusia adalah hasil panen dari Ekuador, sebuah negara di Amerika Tengah.

Jepang Pengimpor Pisang

Selanjutnya ada Jepang. Negara Jepang adalah negara pengimpor pisang terbesar keempat di dunia pada tahun 2020. Jumlah nilai impor pisang di Negeri Sakura itu mencapai 988,4 juta dolar atau sekitar Rp14 triliun.

Meskipun para ilmuwan Jepang mampu menciptakan varietas pisang baru, yang tumbuh tanpa bahan kimia, tapi negara tersebut tetap mengimpor pisang. Bahkan jumlah pisang impor di Jepang lebih dari 90 persen dari kebutuhan pasar.

Jadi sebagian besar pisang yang beredar di pasar Jepang adalah pisang impor. Jepang menghasilkan pisang premium dalam jumlah sedikit dan harganya sangat mahal. Kisanak dapat membaca buah pisang dari Jepang yang harganya mahal di artikel Pisang Termahal di Jepang, Sebiji Lebih dari Rp100 Ribu.

Jerman Negara Pengimpor Pisang

Negara yang berada di posisi lima sebagai negara pengimpor pisang adalah Jerman. Jerman adalah kekuatan ekonomi terbesar di Eropa. Negara itu banyak sekali mengekspor barang jadi seperti produk otomotif.

Namun untuk buah, Jerman banyak mengandalkan dari luar, khususnya buah pisang.

Pada tahun 2020, impor pisang Jerman dari negara lain bernilai 968,3 juta dolar atau sekitar Rp13,8 triliun. Pada tahun 2019, Jerman mengimpor pisang senilai 939 juta dolar atau sekitar Rp13,3 triliun.

Sama seperti negara lain sebelumnya, impor pisang Jerman juga mengalami peningkatan.

China Pengimpor Pisang

negara, pengimpor, pisang, terbesar, dunia, importir
(Unsplash.com/Daniele Franchi)

China saat ini tercatat sebagai negara kedua penghasil pisang terbanyak di dunia. Meski begitu, negara tersebut tetap mengimpor pisang dalam jumlah besar. Hal itu karena penduduk China sangat banyak dan permintaan akan buah pisang begitu besar.

Pada tahun 2020, nilai impor pisang China adalah 933,3 juta dolar atau sekitar Rp13 triliun. Ini menempatkannya sebagai negara pengimpor pisang terbesar keenam.

Sebagian besar pisang yang diimpor China berasal dari negara-negara Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, Thailand atau Kamboja.

Belanda Pengimpor Pisang

Negara dalam urutan ketujuh sebagai negara pengimpor pisang adalah Belanda. Meskipun negara ini memiliki luas wilayah yang tidak besar, namun kebutuhan pisangnya juga sangat tinggi.

Pada tahun 2020, nilai impor pisang Belanda mencapai angka 922 juta dolar atau sekitar Rp13 triliun. Pada tahun 2019, nilai impor pisang Belanda dari negara lain sekitar 788 juta dolar atau sekitar Rp11,2 triliun. 

Sebagian besar impor pisang Belanda berasal dari Panama dan Ekuador.

Inggris Pengimpor Pisang

Pada posisi kedelapan, negara pengimpor pisang adalah Inggris. Negara yang telah memisahkan dari blok Uni Eropa itu, pada tahun 2020 mengimpor pisang senilai 725 juta dolar atau sekitar Rp10,3 triliun.

Pada tahun 2019, Inggris mengimpor pisang senilai 598 juta dolar atau sekitar Rp8,5 triliun. Terjadi peningkatan impor dari negara tersebut, dan kenaikannya cukup fantastis. Sebagian besar impor pisang Inggris berasal dari negara Kolombia dan Kosta Rika.

Prancis Pengimpor Pisang

negara, pengimpor, pisang, terbesar, dunia, importir
(Unsplash.com/Kreshnik Ceka)

Selanjutnya adalah negara Eropa yang beribu kota Paris, yakni Prancis. Negara ini juga jadi negara pengimpor pisang. Pada tahun 2020, impor pisang Prancis senilai 622,1 juta dolar atau sekitar Rp8,8 triliun.

Dengan angka tersebut, Prancis jadi negara pengimpor pisang terbesar kesembilan di dunia.

Pada tahun 2019, Prancis mengimpor pisang senilai 463 juta dolar atau setara Rp6,6 triliun. Prancis juga mengalami peningkatan impor pisang. Sebagian besar impor pisang Prancis didatangkan dari Pantai Gading dan Belgia.

Italia Negara Pengimpor Pisang

Pada urutan kesepuluh negara pengimpor pisang terbesar di dunia adalah Italia. Impor pisang negara tersebut senilai 541,2 juta dolar atau sekitar Rp7,7 triliun pada tahun 2020.

Tahun sebelumnya, yakni pada 2019, nilai impor Italia untuk komoditas pisang senilai 429 juta dolar atau sekitar Rp6,1 triliun. Impor pisang Italia juga mengalami kenaikan selama satu tahun dan kenaikannya cukup besar.

Sebagian besar pisang yang didatangkan oleh Italia berasal dari Ekuador dan Kolombia.

Itulah 10 negara pengimpor pisang terbesar di dunia. Bisa dilihat, sebagian besar negara-negara tersebut adalah negara Eropa. Ini karena kondisi wilayahnya yang dingin, sehingga kurang cocok untuk budidaya pisang.

Tapi karena masyarkat di sana gemar makan pisang tapi produksi dalam negeri tidak mencukupi, maka mereka akhirnya membelinya dari luar negeri alias menjadi pengimpor pisang.

Daftar 10 negara importir pisang terbesar tahun 2020


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "10 Negara Pengimpor Pisang Terbesar"