Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Penghasil Pisang Terbanyak di Dunia

Pisang adalah buah yang sangat populer di dunia. Sebagian besar pisang tumbuh di daerah tropis, di negara-negara yang dilalui garis khatulistiwa, atau sekitarnya. Negara-negara itulah yang menghasilkan pisang terbanyak di dunia.

negara, penghasil, pisang, terbesar, terbanyak, dunia
(Pexels.com/Tom Fisk)


Sebagai buah paling populer di dunia, hampir semua orang di semua negara telah mengetahui apa itu pisang. Buah satu ini telah diperdagangkan sejak dulu, antara satu benua dengan lainnya dan melintasi samudera.

Sebagian besar pisang tumbuh dengan subur di daerah tropis dan sub-tropis. Daerah tersebut adalah daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan sekitarnya. Baik itu di benua Asia, Amerika atau Afrika, negara-negara yang dilewati atau berada di sekitar garis tersebut, pisang dapat tumbuh subur.

Berikut ini kami kumpulkan informasi negara-negara yang paling banyak memproduksi buah pisang. 10 negara terbanyak yang menghasilkan, rata-rata berada di belahan dunia yang dilintasi garis khatulistiwa.

1. India

negara, penghasil, pisang, terbesar, terbanyak, dunia

India adalah negara yang paling banyak memproduksi buah pisang. Selain wilayahnya yang luas, negara ini sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Sejak 10 tahun yang lalu, India dan China saling berbagi posisi sebagai dua negara terbanyak yang menghasilkan pisang.

Saat ini, India tercatat sebagai negara yang menghasilkan pisang terbanyak di dunia. Menurut FAO, data pada tahun 2019 menunjukkan bahwa negara Hindustan itu menghasilkan pisang sebanyak 30.460.000 ton.

Ada empat negara bagian yang menjadi produsen utama, yakni Andhra Pradesh, Gujarat, Maharashtra, dan Tamil Nadu. Di Andhra Pradesh pada tahun 2017-2018, negara bagian tersebut menghasilkan sekitar 5 juta ton dan pada tahun 2020-2021, Andhra Pradesh menghasilkan pisang sebanyak 6,9 juta ton.

2. China

negara, penghasil, pisang, terbesar, terbanyak, dunia
(Pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Pada tahun 2019, China memproduksi buah pisang sebanyak 11.655.700 ton. Itu membuatnya menempati posisi kedua sebagai negara terbanyak penghasil buah pisang.

Ada banyak wilayah China yang menghasilkan pisang, tapi yang paling besar adalah provinsi Guangdong. Wilayah lain di China yang juga memproduksi pisang adalah Guangdong, Guangxi, Hainan, Fujian, dan Yunnan.

Sebagian besar hasil pisang China, hanya dijual untuk permintaan dalam negeri. Itu pun, sebenarnya China masih kekurangan sehingga terkadang harus mengimpor atau membeli dari negara lain.

3. Indonesia

negara, penghasil, pisang, terbesar, dunia, terbanyak
(Pexels.com/Vincent Tan)

Asal-usul pisang berasal dari Asia Tenggara dan Indo-China. Sebagai daerah asal pisang, Indonesia yang termasuk wilayah tersebut menempati posisi ketiga sebagai penghasil pisang terbesar di dunia. Jumlah pisang yang diproduksi pada 2019 adalah 7.280.659 ton.

Dengan tanah yang subur dan wilayah yang luas, pisang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Hanya saja, meski termasuk negara penghasil pisang terbesar di dunia, Indonesia minim ekspor buah tersebut.

Pada tahun 2019, Lampung adalah provinsi penghasil pisang terbesar di Indonesia. Jumlahnya mencapai 1,9 juta ton. Posisi kedua ditempati oleh Jawa Timur dengan jumlah produksi sebanyak 1,6 juta ton, kemudian Jawa Barat dengan 1,3 juta ton dan kemudian Jawa Tengah dengan jumlah produksi setengah juta ton.

4. Brasil

negara, penghasil, pisang, terbanyak, terbesar, dunia
(Pexels.com/Anna Tarazevich)

Selanjutnya, penghasil pisang terbanyak di dunia adalah Brasil. Negara di Amerika Latin tersebut memiliki wilayah yang luas dengan kondisi tropis-subtropis. Pisang juga tumbuh dengan subur di negara tersebut.

Pada tahun 2019, Brasil menghasilkan pisang sebanyak 6.812.708 ton. Beberapa daerah Brasil yang banyak menghasilkan pisang adalah Prata yang ada di timur laur, kemudian Belo Horizonte, Vitoria, Rio de Janeiro dan Florianopolis.

5. Ekuador

negara, penghasil, pisang, terbesar, terbanyak, dunia
(Pexels.com/lascot studio)

Negara penghasil pisang terbesar ke lima di dunia adalah Ekuador. Negara ini berada di Amerika Tengah. Pisang yang dihasilkan pada tahun 2019 adalah 6.583.477 ton.

Sebagian besar produksi pisang di Ekuador dikelola oleh perusahaan swasta dengan hasil pisang yang bagus. Pisang menjadi salah satu andalan utama ekspor negara tersebut. Karena pengelolaannya yang profesional, banyak negara yang mengimpor pisang dari negara ini.

6. Filipina

negara, penghasil, pisang, terbanyak, terbesar, dunia
(Pexels.com/SHVETS production)

Negara penghasil pisang terbesar ke enam adalah Filipina. Ini adalah negara di Asia Tenggara yang produksi pisangnya selalu bersaing dengan Indonesia. Sebagian besar pisang dari Filipina yang dibudidayakan untuk perdagangan ekspor adalah Cavendish.

Pada tahun 2019, Filipina menghasilkan pisang sebanyak 6.049.601 ton. Selain buah pisang, Filipina juga menghasilkan serat pisang, salah satu serat alami paling kuat di dunia. Bahkan Filipina mendominasi produksi serat pisang di dunia.

7. Guatemala

negara, penghasil, pisang, terbesar, terbanyak, dunia
(Pexels.com/Erik Karits)

Setelah Filipina, ada Guatemala yang menempati posisi ke tujuh sebagai negara terbesar penghasil buah pisang. Guatemala menghasilkan pisang sebanyak 4.341.564 ton. Guatemala berada di Amerika tengah, bertetangga dengan Meksiko dan Honduras.

Di Guatemala, perkebunan pisang adalah salah satu tulang punggung penghasilan masyarakat. Industri perkebunan buah pisang diperkirakan menyerap sekitar 30.000 orang penduduk.

Sejak akhir tahun 1990-an, Guatemala melakukan ekspansi besar-besaran untuk produksi buah pisang. Negara itu kemudian produksinya melampaui Kolombia dan Kosta Rika, dan menjasi salah satu eksportir pisang terbesar di dunia.

8. Angola

pisang, negara, penghasil, terbesar
(Pixabay.com/gunnarmallon)


Angola adalah negara yang terletak di Afrika Tengah. Negara ini berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo, Namibia dan Zambia. Angola menjadi negara yang menghasilkan pisang terbanyak di Afrika.

Pada tahun 2019, Angola menghasilkan pisang sebanyak 4.036.959 ton. Dua wilayah utama penghasil buah surga tersebut adalah provinsi Bengo dan Benguela. Ekspor pisang Angola mencapai Portugal, Spanyol dan Afrika Selatan.

Negara lain di Afrika yang juga memproduksi banyak pisang adalah Uganda. Di negara ini, pisang bahkan bisa diproses dan disuling untuk dijadikan sebagai minuman alkohol, bir atau wine. Selain menghasilkan pisang, Uganda juga menghasilkan bir dari pisang.

9. Tanzania

(Pixabay.com/gunnarmallon)

Posisi selanjutnya negara penghasil pisang terbanyak di dunia urutan ke sembilan adalah Tanzania. Negara ini terletak di Afrika Timur dengan ibu kota Dodoma. Kota terbesarnya adalah Darussalam. Sebagian besar masyarakat Tanzania memeluk agama Kristen dan Islam.

Pada tahun 2019, Tanzania memproduksi pisang sebanyak 3.406.936 ton. Sebagian besar pisang di negara tersebut, dihasilkan di wilayah Kagera, Kilimanjaro dan Mbeya. Daerah lain yang memproduksi pisang dalam jumlah besar adalah Morogoro, Kigoma, Mara, Arusha, Ruvuma, Tanga, dan Coast.

10. Kolombia

negara, penghasil, pisang, terbesar, dunia
(Unsplash.com/Aleksandar Popovski)

Negara terbesar penghasil pisang urutan ke sepuluh adalah Kolombia. Negara ini terletak di Amerika Tengah, berbatasan dengan Ekuador dan Venezuela. Pada tahun 2019 lalu, tercatat Kolombia menghasilkan 2.914.419 ton buah pisang.

Industri pisang di Kolombia menyerap sekitar 35.000 pekerjaan. Bahkan selama badai pandemi COVID19, ketika banyak orang kehilangan pekerjaan, industri pisang Kolombia tetap kokoh dan tidak mengurangi para karyawannya.

Sebagian besar pisang yang dihasilkan oleh Kolombia berorientasi ekspor. Banyak pisang dari negeri ini yang dijual di Eropa. Meski begitu, beberapa kriminal acap kali menyelundupkan kokain dalam jumlah fantastis dan disembunyikan di dalam paket kargo pisang dari negeri ini.

Beberapa kasus penyelundupan kokain di dalam paket pisang bisa Kisanak simak dalam artikel Miliaran Harga Pisang Isinya Kokain.

Itulah sepuluh negara terbesar penghasil pisang di dunia. Semua data tersebut bersandar pada Science Agri. Semakin bertambahnya tahun, beberapa negara bisa bergeser posisinya seiring dengan kebijakan produksi pemerintahnya.

Tapi India dan China tetap menempati posisi sebagai dua negara penghasil pisang terbesar di dunia.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "10 Negara Penghasil Pisang Terbanyak di Dunia"