Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Eksportir Pisang Terbesar di Dunia

Di dunia ini, sebagian besar pisang diproduksi oleh negara-negara tropis atau subtropis. Meski demikian dalam catatan eksportir, banyak juga negara-negara Eropa yang menjadi negara pengekspor pisang. Berikut ini adalah daftar 10 negara eksportir pisang terbesar di dunia.

negara, ekspor, eksportir, pisang, terbesar, dunia
(Pexels.com/Any Lane)

Sebagai buah yang sangat populer di dunia, pisang adalah buah yang juga banyak diperdagangkan. Bahkan nilai komersialnya sangat fantastis.

Meski begitu, sebagian besar pisang yang dikomersialkan lintas negara didominasi oleh pisang jenis Cavendish saja.

Secara global, varietas pisang ada ribuan jenis. Banyak jenis pisang yang dapat dikonsumsi dengan rasa yang lezat. Tapi ada juga pisang yang memang tidak dapat dikonsumsi buahnya, atau hanya digunakan pohonnya seperti pisang Abaka atau pisang Batu yang digunakan daunnya.

Tapi memang dominasi di lintas perdagangan internasional, pisang jenis Cavendishlah yang jadi rajanya. Berikut ini adalah daftar 10 negara terbesar yang tercatat sebagai negara eksportir pisang di dunia.

Ini adalah urutan negara eksportir pisang terbesar pada tahun 2020 lalu.

Ekuador Eksportir Pisang Utama

Negara eksportir pisang utama di dunia ini adalah Ekuador. Negara tersebut terletak di Amerika Latin. Ekuador berbatasan dengan Kolombia dan Peru. Wilayahnya terbilang cukup kecil namun hasil panen pisangnya fantastis.

Pada tahun 2020, Ekuador mengekspor pisang senilai 4,2 miliar dolar atau sekitar Rp59,9 triliun. Sebagian besar negara tujuan ekspornya adalah Rusia, Amerika Serikat, Turki, China, juga Belanda dan Italia serta lainnya.

Pada tahun 2019, ekspor pisang Ekuador senilai 3,43 miliar dolar atau sekitar Rp48,9 triliun. Terjadi peningkatan ekspor yang cukup fantastis meskipun dunia sedang dilanda pandemi COVID-19.

Filipina Eksportir Pisang

Kemudian negara kedua eksportir pisang adalah Filipina. Negara kepulauan di Asia Tenggara yang berada di sebelah timur laut Indonesia ini, juga memiliki hasil pisang Cavendish yang berlimpah.

Nilai ekspor pisang Filipina pada tahun 2020 adalah 1,6 miliar dolar atau sekitar Rp22,8 triliun. Pada tahun 2019 lalu, nilai ekspor komoditas pisang dari negara tersebut mencapai 1,93 miliar dolar atau Rp27,5 triliun.

Meski terlihat terjadi penurunan ekspor, tapi Filipina adalah salah satu negara eksportir pisang yang langganan berada di urutan teratas.

Negara tujuan ekspor Filipina adalah Jepang, China dan Korea Selatan. Tiga negara Asia Selatan itu adalah importir utama pisang dari Filipina. Selain itu, Filipina juga mengekspor pisangnya ke negara-negara lain seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Iran, juga Qatar.

Selain eksportir buah pisang, Filipina juga eksportir utama serat pisang, serat alam terkuat di dunia.

Kosta Rika Eksportir Pisang

Pada urutan ketiga, negara eksportir pisang terbesar di dunia adalah Kosta Rika. Negara ini berada di Amerika Tengah dan berbatasan dengan Panama serta Nikaragua.

Pada tahun 2020, nilai ekspor komoditas pisang dari Kosta Rika senilai 1,1 miliar dolar atau sekitar Rp15,6 triliun. Pada tahun 2019, Kosta Rika mencatatkan nilai ekspor pisang senilai 1,18 miliar dolar atau sekitar Rp16,8 triliun.

Kosta Rika juga terlihat mengalami penurunan nilai ekspor meski tidak terlalu signifikan. Sebagian besar pisang Kosta Rika diekspor ke Amerika Serikat, Inggris, Belanda dan Belgia.

Kolombia Eksportir Pisang

negara, eksportir, ekspor, pisang, terbesar, dunia
(Unsplash.com/Brett Jordan)

Setelah Kosta Rika, negara di benua Amerika lain yang juga eksportir pisang adalah Kolombia. Negara ini berbatasan dengan Venezuela, Ekuador, Peru dan Panama serta Brasil.

Pada tahun 2020, ekspor pisang Kolombia senilai 990,3 juta dolar atau sekitar Rp14,1 triliun. Pada tahun 2019, nilai ekspor pisang Kolombia senilai 997 juta dolar atau setara Rp14,2 triliun.

Data tersebut juga memperlihatkan terjadi penurunan nilai ekspor meski tidak terlalu signifikan. Sebagian besar negara tujuan ekspor pisang Kolombia adalah Belgia, Inggris, Italia dan AS.

Guatemala Eksportir Pisang

Pada posisi kelima, negara terbesar eksportir pisang adalah Guatemala. Negara ini terletak di Amerika Tengah, berbatasan dengan Honduras dan Meksiko.

Nilai ekspor pisang Guatemala pada tahun 2020 adalah 955,6 juta dolar atau setara Rp13,6 triliun. Sedangkan pada tahun 2019, nilai ekspor Guatemala adalah 1,16 miliar dolar atau sekitar Rp16,5 triliun.

Sebagian besar negara tujuan ekspor pisang Guatemala adalah Amerika Serikat dan Kanada.

Belgia Eksportir Pisang

Pada posisi keenam adalah negara Belgia. Ini adalah negara Eropa yang berbatasan dengan Belanda. Jika diperhatikan, negara ini tidak memiliki cukup luas wilayah, tapi bisa menjadi eksportir pisang.

Ini karena memiliki pelabuhan besar yang menampung pisang, kemudian kembali menjualnya ke negara lain.

Pada tahun 2020, nilai ekspor pisang Belgia tercatat sebanyak 745,8 juta dolar atau sekitar Rp10,6 triliun. Sedangkan pada tahun 2019, nilai ekspor pisang Belgia adalah 666 juta dolar atau sekitar 9,6 triliun.

Sebagian besar ekspor pisang Belgia ditujukan ke negara-negara Eropa seperti Jerman, Belanda, Prancis, Austria, Spanyol dan lainnya.

Belanda Eksportir Pisang

Setelah Belgia, negara Eropa selanjutnya yang menempati sebagai eksportir pisang terbesar ke tujuh adalah Belanda. Ini juga negara yang tidak memiliki wilayah yang luas namun bisa jadi eksportir pisang.

Pada tahun 2020, nilai ekspor pisang Belanda adalah 708,3 juta dolar atau sekitar Rp10,1 triliun. Pada tahun 2019 yang lalu, nilai ekspor pisang Belanda adalah 502 juta dolar atau sekitar Rp7,1 triliun.

Negara-negara tujuan ekspor pisang dari Belanda adalah Jerman, Belgia, Polandia, Austria dan negara Eropa lain.

Amerika Serikat Eksportir Pisang

negara, eksportir, ekspor, pisang, terbesar, dunia
(Pixabay.com/marker_photography)

Selanjutnya ada Amerika Serikat yang tercatat sebagai eskportir terbesar pisang urutan kedelapan. Meski pun bukan produsen utama buah pisang, negara Paman Sam ini rupanya juga melakukan re-ekspor pisang.

Pada tahun 2020, nilai ekspor pisang Amerika Serikat adalah 448,6 juta dolar atau sekitar Rp6,4 triliun. Pada tahun 2019, Amerika Serikat mengekspor pisang senilai 253 juta dolar atau sekitar Rp3,6 triliun.

Sebagian besar ekspor Amerika Serikat ditujukan ke Kanada.

Republik Dominika Eksportir Pisang

Setelah Amerika Serikat, negara urutan ke sembilan sebagai eksportir pisang adalah Republik Dominika. Ini adalah negara yang terletak di Laut Karibia. Negara ini berbagi perbatasan dengan Haiti.

Di tahun 2020, nilai ekspor pisang Dominika sebesar 413,8 juta dolar atau sekitar Rp5,9 triliun. Pada tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2019, nilai ekspor pisang Dominika sebesar 387 juta dolar atau sekitar Rp5,5 triliun.

Negara tujuan ekspor pisang Dominika adalah Inggris, Jerman, Prancis, Belgia dan negara Eropa lainnya.

Panama Eksportir Pisang

Urutan kesepuluh negara terbesar eksportir pisang adalah Panama. Ini adalah negara yang terletak di Amerika Tengah, berbatasan dengan negara-negara eksportir pisang lain seperti Kolombia dan Ekuador.

Nilai ekspor pisang Panama pada tahun 2020 adalah 407,2 juta dolar atau sekitar Rp5,8 triliun. Pada tahun 2019, ekspor pisang Panama senilai 350 juta dolar atau sekitar Rp4,9 triliun.

Sebagian besar ekspor pisang Panama ditujukan ke Belanda, Jerman, Finlandia, Inggris, Polandia dan negara Eropa lainnya.

Jika kita cermati, sebagian besar negara eksportir pisang adalah negara yang ada di benua Amerika, khususnya di Amerika Tengah dan Amerika Latin.

Meski pun negara penghasil pisang terbesar di dunia ada di Asia, yakni China dan India, namun negara-negara tersebut produksinya sebagian besar untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

China yang menjadi negara produsen pisang terbesar kedua setelah India, tetap melakukan impor pisang dalam jumlah besar karena permintaan buah pisang yang tinggi di pasar dalam negerinya.


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "10 Negara Eksportir Pisang Terbesar di Dunia"