Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Termahal di Jepang, Sebiji Lebih dari Rp100 Ribu

Banyak buah di Jepang yang harganya mahal. Salah satunya adalah pisang. Pisang paling mahal di Jepang harganya sekitar 10 dolar AS atau sekitar Rp 142.285. Tapi itu pisang khusus yang dipanen dari daerah paling beku di Jepang.

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(Pixabay.com)


Buah pisang adalah buah yang paling populer di dunia. Buah pisang sering disantap begitu saja sebagai buah, atau juga sebagai makanan pokok, khususnya di daerah Afrika.

Buah pisang juga oke dimakan sebagai salah satu cemilan di saat sedang bersantai.

Sebagai buah paling populer, pisang telah tersebar di seluruh negara di dunia. Asal-usul pisang yang berasal dari Asia Tenggara dan India tersebut, telah memiliki berbagai jenis varietas yang diproduksi dengan keunggulannya masing-masing.

Tapi pisang, yang aslinya buah tropis, kesulitan untuk dapat tumbuh di daerah dingin bersalju. Ada beberapa jenis pisang yang memang dapat tumbuh di suhu ekstrem, tapi tidak banyak.

Salah satunya adalah pisang yang dikembangkan oleh perusahaan Hokkaido Sky Farm. Mereka menamakan pisangnya sebagai 'Pisang 946' atau Pisang Kushiro. Harga pisang ini sangat mahal. Satunya, bisa dihargai sampai sekitar 10 dolar atau sekitar Rp 142.285.

Mengapa pisang Kushiro dihargai mahal dan bagaimana bentuk serta rasanya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih banyak informasinya.

Pisang 946 tanpa bahan kimia

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(Pixabay.com)


Sebagian besar pisang yang beredar di Jepang adalah produk impor. Negara Matahari Terbit itu jadi negara keenam terbesar di dunia yang mengimpor buah pisang.

Pisang yang didatangkan ke Jepang, 80 persennya adalah pisang dari Filipina, utamanya jenis pisang Cavendish. Dan total buah pisang yang beredar di Jepang, 99,98 persen adalah impor.

Tapi meski negara tersebut banyak mengimpor pisang, mereka juga menanam pisang sendiri. Para ilmuwan dari perusahaan pertanian, mengembangkan jenis pisang yang dapat bertahan di suhu dingin Jepang, bahkan di daerah terdingin sekalipun, yakni di Hokkaido.

Perusahaan tersebut bernama Hokkaido Sky Farm dan jenis pisang yang mereka tanam, disebut sebagai pisang Kushiro atau Pisang 946.

Pisang ini ditanam secara khusus ditempat yang dirahasiakan. Perusahaan mulai menanam jenis pisang tersebut mulai bulan November tahun 2019. Pisang itu dirawat tanpa menggunakan bahan kimia.

Itulah salah satu sebab yang menjadikan buah Pisang Kushiro atau Pisang 946 berharga mahal.

Tidak ada pupuk kimia atau pestisida kimia yang digunakan untuk menumbuhkan pisang Kushiro sampai panen.

Menurut laman berita Hokkaido Shimbun, pertama kali pisang Kushiro dari Hokkaido Sky Farm dipanen adalah pada Desember tahun 2020.

Pisang 946 jenis Phantom Gros Michel

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(Pixabay.com)


Lalu pisang apa sebenarnya yang ditanam di pertanian Hokkaido? Itu adalah pisang Phantom Gros Michel yang dikembangkan untuk dapat bertahan di suhu dingin.

Hokkaido adalah prefektur paling utara Jepang yang berbatasan dengan Rusia. Dan pisang Phantom Gros Michel memiliki leluhur sejenis pisang Gros Michel yang hampir punah dihajar penyakit jamur beberapa tahun yang lalu.

Para jurnalis dari Sora News24 telah mencoba untuk membeli pisang seharga ratusan ribu rupiah itu sebanyak tiga biji. Dan mereka mendapatkan buah pisang tiap satu biji dibungkus dengan mewah beralaskan jerami.

Bentuknya Pisang Kushiro lebih besar jika dibandingkan dengan pisang yang beredar di pasaran Jepang. Menurut para jurnalis tersebut, pisang itu sangat cocok dijadikan sebagai pasangan.

Namun mereka mengatakan bahwa mereka tidak hidup di era Victoria yang menjadikan buah mewah sebagai dekorasi. Jadi mereka kemudian memakannya untuk menilai rasa pisang tersebut.

Kulit pisang 946 dapat dimakan

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(duniapisang.com)


Para jurnalis Sora News24 kemudian mencicipi pisang mahal tersebut. Mereka kemudian menjelaskan bagaimana bentuk dan rasanya.

Secara teori, mereka menjelaskan bahwa kulit buah pisang Kushiro dapat dimakan dan tipis. Tidak seperti pisang lainnya yang kulitnya tebal.

Rasanya lebih manis tapi dengan tingkat kemanisan "yang tidak terlalu kuat." Selain itu, buah pisang yang dikupas terasa "lembab dan kaya." Ketika dicoba makan bersama kulitnya langsung, ada rasa sedikit pahit.

Tapi karena secara teori pisang Kushiro tidak dipupuk dengan kimia dan tidak menggunakan pestisida, jadi diyakini aman meski dimakan sekaligus dengan kulitnya tersebut.

Pihak distributor Pisang 946 merekomendasikan bahwa pisang tersebut sangat bagus diblender bersama kulitnya jika dijadikan santapan smoothie. Itu karena kandungan kulit pisang juga memiliki segudang manfaat yang berguna untuk tubuh.

Pisang Dole atau Pisang Gokusen dari Jepang

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(duniapisang.com)


Selain pisang 946, apakah ada pisang lain di Jepang yang harganya mahal? Ada! Pisang itu adalah pisang Dole atau Gokusen.

Pisang tersebut, muncul ke publik pada tahun 2014 dan dijual seharga 6 dolar AS atau Rp 85.371. Itu adalah harga pisang untuk satu biji saja.

Pisang Gokusen, juga seperti pisang Kushiro, masuk dalam kelas buah premium di Jepang. Pisang itu juga dijual dalam kotak yang mewah, satu kotak untuk satu biji.

Seringkali pisang Gokusen yang istimewa, digunakan sebagai hadiah kepada teman atau kolega dan mitra bisnis.

Pisang Dole Gokusen, menurut Associated Press, adalah jenis pisang yang unik, diteliti dan dikembangkan oleh Dole dari lebih dari seratus varietas pisang, untuk rasa manis, aroma, dan tekstur yang unggul.

Berapa harga umum pisang di Jepang?

Sebagai buah yang populer tapi 99.98 persen didapatkan dari impor, harga pisang di Jepang di pasaran sebenarnya tidak jauh berbeda dengan negara lain. Menurut perkiraan Numbeo, harga pisang di Jepang untuk seperempat kilogram (0,25kg) adalah sekitar Rp 10.455.

Itu berati untuk satu kilo harganya sekitar Rp 42 ribu.

Untuk pisang impor dengan kualitas istimewa, mereka juga ada yang dijual perbiji dengan kemasan plastik dengan tempelan stiker. Harganya sekitar 200 yen sampai dengan 600 yen (Rp 25 ribu sampai Rp 75 ribu). Pisang istimewa itu, biasanya panjangnya mencapai 23 sentimeter dengan berat minimal 200 gram.

Pisang adalah buah impor terbesar di Jepang

pisang, termahal, di jepang, pisang 946, pisang kushiro, pisang dole gokusen
(Pixabay.com)


Sudah disinggung sebelumnya, Jepang mengimpor pisang sebanyak 99,98 persen. Sebanyak 0,2 persen sisanya adalah pisang yang berasal dari Hokkaido dan daerah lainnya.

Dengan impor tersebut, Jepang menjadi salah satu negara terbesar ke-enam di dunia yang mengimpor pisang. Pada tahun 2018 lalu, impor buah pisang di Jepang lebih dari satu juta ton. Dan impor buah pisang terus diperkirakan terus mengalami kenaikan.

Jika Kisanak adalah seorang petani atau eksportir, bolehlah mencoba untuk menjual pisang dari Indonesia ke Negeri Samurai itu. Tapi tentu saja, saingan utama untuk eskpor produk pisang tersebut adalah Filipina, salah satu negara yang memiliki pertanian besar pisang Cavendish.

Itulah pisang termahal dari Jepang. Kalau Kisanak berkenan, ada juga info menarik tentang pisang dari Jepang yaitu Kain Serat Pisang dari Jepang, Kijoka Bashofu

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Termahal di Jepang, Sebiji Lebih dari Rp100 Ribu"