Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh

Kulit pisang itu dapat dimakan. Bukan hanya untuk pakan ternak tapi juga bermanfaat bagi manusia. Bahkan menurut penelitian, kulit pisang dapat menurunkan berat badan dan dampak bagus lainnya. Bisa jadi menu diet euy!

manfaat kulit pisang
Sumber: duniapisang.com/Kidung Pamungkas

Pisang adalah buah yang melimpah di Indonesia. Pisang juga dapat dibilang sebagai buah paling populer karena jumlahnya yang banyak dan mudah ditemui di mana pun di Indonesia.

Pemanfaatan buah pisang untuk berbagai menu olahan, juga memiliki ragam kreatifitas unik dan lezat.

Tapi tahukan Kisanak bahwa pisang bermanfaat bukan hanya buahnya tapi juga kulitnya? Tahukah Kisanak bahwa kulit pisang bisa dimakan manusia dan bukan hanya untuk hewan?

Di sebagian besar perdesaan Jawa, kulit pisang dan buah yang dikupas sering diberikan untuk pakan ternak, khususnya kambing. Tapi sebenarnya, kulit pisang tersebut memiliki banyak nutrisi dan juga bisa disantap oleh manusia.

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana bermanfaatnya kulit pisang dan bagaimana kulit pisang dapat diolah jadi menu yang beragam dan lezat.

Baca juga: Uganda Produksi Bir dari Pisang

Nutrisi Kulit Pisang

nutrisi kulit pisang
Sumber: Wikimedia.org

Pisang rata-rata adalah buah yang manis dan lembut. Ketika dimakan, pisang sangat mudah dicerna oleh tubuh, kaya akan serat dan dapat melancarkan sistem metabolisme.

Tapi kulit pisang dari buah yang dikupas sering dibuang dan menimbulkan sampah. Sebenarnya, kulit pisang dapat diolah dan dapat disantap meski hal itu belum terlalu lumrah ditemui.

Namun faktanya, kulit pisang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan. Kandungan nutrisi dari kulit pisang khususnya adalah potasium, vitamin B6, vitamin B12, Magnesium, Kalium, Serat, dan Protein.

Selain itu, di dalam kulit pisang juga terkandung lemak tak jenuh serta asam amino esensial. Bahkan kulit pisang juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi, khususnya untuk kulit pisang yang masih mentah.

Baca juga: Pisang Blue Java atau Kepok Awu, Manfaat dan Harga

Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

manfaat kulit pisang kaya nutrisi
Sumber: Wikimedia.org

1. Kulit pisang dapat turunkan berat badan

Dalam kandungan serat yang ada di kulit pisang, itu dapat membuat orang yang memakannya memiliki keteraturan serta kestabilan gula darah dalam tubuh. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Lebih penting lagi, kulit pisang yang mengandung serat dapat menurunkan berat badan serta mengurangi atau mencegah obesitas. Itu membuat kulit pisang bisa dipakai sebagai menu diet.

Anti-oksidan yang ada di kulit pisang berfungsi sebagai anti-peradangan, dan dapat melindungi diri dari beberapa risiko kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

2. Kulit pisang bisa tidur lebih lelap

Untuk kulit pisang yang masih berwarna hijau, menurut Susie Burrell, ahli diet dari Australia, sangat kaya akan asam amino triptofan yang dikaitkan dengan kualitas tidur yang baik.

Kandungan ini yang dikombinasikan dengan vitamin B6 juga dapat berfungsi sebagai anti-kecemasan dan anti-depresan.

Kulit pisang hijau juga kaya akan pati resisten yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Kulit pisang hijau bagus dikonsumsi setelah direbut untuk melembutkan kulitnya.

Baca juga: Cerita Pisang Termahal di Dunia Harganya 1,7 Miliar

3. Kulit pisang bagus untuk kesehatan tulang

Kandungan potasium yang banyak di daging pisang, juga dapat ditemukan di kulit pisang.

Potasium di kulit pisang sangat bermanfaat untuk tubuh, yakni dapat mengatur tekanan darah, melindungi pengeroposan tulang serta mengurangi risiko batu ginjal.

4. Kulit pisang membantu kurangi mata bengkak

Manfaat dari kulit pisang lainnya adalah dapat membantu mengurangi mata bengkak. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang terdapat didalamnya.

Penggunaan kulit pisang untuk membantu mengurangi mata bengkak khususnya serat putih bagian dalam, yang dapat dicampur dengan gel lidah buaya agar membentuk pasta yang halus. Lalu, oleskan pasta itu di sekitar mata sampai mengering.

5. Kulit pisang bisa memutihkan gigi

Riset yang pernah dilakukan oleh Suraj Premal Kapadia dan rekannya, membuktikan bahwa kulit pisang dapat menunjukkan aktivitas anti-bakteri yang berkontribusi pada penyakit periodental.

Meskipun penelitian tersebut tidak fokus langsung terhadap pengaplikasian kulit pisang terhadap gigi, namun para ilmuwan meyakini menggosokkan kulit pisang langsung baik itu kesehatan gigi dan gusi.

Baca juga: Pisang Abaka, Jenis Pisang untuk Industri Kain

Kerugian Santap Kulit Pisang

kandungan nutrisi kulit pisang
Sumber: Pixabay.com

Jika sebelumnya telah dijabarkan tentang manfaat kulit pisang, ada juga kerugiannya. Kulit pisang rawan mengandung pestisida dan obat-obatan lain saat masih berada dalam perawatan. Karena itu, kulit pisang juga patut untuk diwaspadai.

Meski banyak sekali informasi di intenet tentang cara bagaimana menyantap kulit pisang karena memiliki banyak nutrisi, tapi tidak semua yang bernutrisi bagus sebagai santapan.

Pestisida yang menumpuk di kulit pisang, akan berbahaya jika tidak dicuci dengan benar jika ingin menjadikannya sebagai santapan.

Pada dasarnya, kulit pisang rasanya tidak terlalu enak. Hal itu dikonfirmasi oleh Dan Koeppel, salah satu peneliti pisang yang telah berkecimpung selama 15 tahun.

"Saya telah mempelajari pisang selama hampir 15 tahun dan melakukan perjalanan ke setiap benua tempat pisang ditanam dan saya belum pernah melihat orang memakan kulitnya."

Salah satu sebab utama mengapa ada keramaian tentang bagaimana caranya menyantap kulit pisang, adalah karena ingin tidan menyisakan limbah. Tapi pada dasarnya, kulit pisang adalah limbah organik yang mudah membusuk menjadi kompos.

Selain ragam manfaat kulit pisang, ada juga lho kisah kulit pisang unik yang sering ditampilkan membuat orang terpeleset. Kisanak dapat membacanya di artikel Mengapa Terpeleset Kulit Pisang Jadi Komedi?

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Ragam Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh"