Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nang Tani: Hantu Pisang dari Thailand

Thailand memiliki legenda hantu yang cantik bernama Nang Tani. Perempuan itu adalah hantu pohon pisang, yang hidup di dalamnya. Dia bisa menjadi pasanganmu, atau juga bisa memberikan ancaman terhadapmu.

Sumber: teknolemper.com/Kidung Pamungkas

Di wilayah Asia, khususnya Asia Tenggara, dunia supernatural masih erat melekat dalam kehidupan. Dunia roh atau spirit serta hantu bahkan menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Dalam dunia roh tersebut, ada yang baik dan ada yang buruk. Yang baik tentu saja semacam dewa-dewa atau malaikat dan yang buruk adalah iblis, setan juga hantu.

Di Thailand, mereka memiliki legenda beberapa hantu yang mengerikan. Salah satu yang masuk dalam daftar itu adalah hantu pisang bernama Nang Tani.

Berikut ini adalah kisah legenda dari Nang Tani, yang akan kami ceritakan dalam artikel singkat di kanal Cerita dalam Dunia Pisang. Kisanak dapat dengan bahagia menyimaknya sampai tandas.

Baca juga: Blue Java, Jenis Pisang Unik Berwarna Biru

Hantu Pisang Liar


pisang, hantu, thailand, nang, tani
Sumber: Unsplash.com/Boudewijn Huysmans

Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara penghasil pisang. Seperti di beberapa negara tetangganya yakni Filipina dan Indonesia, hasil pisang di negara tersebut dapat dibilang melimpah.

Ada banyak jenis pisang di Thailand, baik itu pisang yang dibudidayakan maupun pisang liar. Di salah satu jenis pisang liar tertentu, masyarakat Thailand percaya bersemayan hantu yang mereka sebut Nang Tani.

Jadi tidak semua jenis pisang bersemayam Nang Tani. Dia, yang digambarkan sebagai seorang perempuan cantik, hanya mendiami pisang liar jenis tertentu.

Jadi ada beberapa kelompok masyarakat Thailand yang tidak akan pernah membiarkan pisang liar tersebut tumbuh di dekat rumahnya atau lingkungannya. Itu karena mereka percaya dengan legenda Nang Tani.

Pisang liar tersebut tidak menghasilkan buah yang bisa dimakan. Bunga pisang liar itu, bersama daunnya, dipercaya dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit tertentu.

Baca juga: Mengapa Terpeleset Kulit Pisang Jadi Komedi?

Penampilan Nang Tani, Si Hantu Pisang


pohon, pisang, thailand, hantu, nang tani
Sumber: Unsplash.com/Boudewijn Huysmans

Secara umum, hantu Nang Tani yang bersemayam di pisang liar Thailand digambarkan sebagai seorang perempuan muda dan cantik. Tubuhnya berbalut pakaian tradisional Thailand berwarna hijau.

Selain wajahnya yang cantik, bibirnya juga dipoles dengan gincu merah tua.

Rambutnya hitam lebat, dibiarkan tergerai indah dan tidak pernah diikat. Kulitnya juga dipercaya hampir sama seperti pakaian tradisional yang membalutnya, yakni kehijauan.

Nang Tani si hantu pisang, diyakini bersemayam di dalam pohon pisang. Itu karena, ada larangan untuk tidak sembarangan menebang pohon pisang karena ditakutkan Nang Tani akan menuntut balas dendam sebab rumahnya dirusak.

Ketika Nang Tani memperlihatkan diri, biasanya dia berada dalam posisi berdiri dengan kaki yang tidak menyentuh tanah. Sebagian besar keyakinan tentang Nang Tani, hantu pisang tersebut adalah hantu yang baik.

Baca juga: Asal-usul Pisang Cavendish

Sesajen dan Pemujaan Kepada Hantu Pisang


hantu pisang nang tani
Sumber: wikipedia.org

Sudah disinggung sebelumnya, jika pisang liar yang diyakini disemayami oleh Nang Tani tidak ditanam di dekat rumah. Pisang liar itu juga jarang ada di dalam kompleks sebuah desa.

Biasanya, pisang liar itu ada di pinggiran ladang atau pinggir jalan yang jauh dari desa.

Jika Kisanak berkunjung ke daerah perdesaan Thailand dan menemukan rumpun pohon pisang di pinggir jalan berbalut kain merah atau kain lain yang berwarna-warni, itu berarti jangan pernah coba-coba berbuat rusuh.

Itu adalah salah satu persembahan kepada hantu Nang Tani tersebut. Masyarakat Thailand juga biasanya akan meninggalkan persembahan berupa manisan, dupa atau bunga di dekat rumpun pisang untuk menenangkan si cantik Nang Tani.

Penyajian persembahan atau sesajen kepada hantu pisang biasanya dilakukan ketika pohon atau rumpun pisang itu sedang berbunga.

Baca juga: Pisang Abaka, Jenis Pisang untuk Industri Kain

Nang Tani Si Cantik Penuh Kesetiaan


hantu, pisang, thailand, nang tani, daun
Sumber: Unsplash.com/Ira Mint

Keyakinan masyarakat Thailand tentang hantu pohon pisang adalah seorang perempuan cantik dan lembut. Selain itu, dia juga dipercaya adalah hantu yang setia.

Gangguan yang dihadapi seseorang dari hantu pisang Nang Tani adalah ketika pohon pisangnya ditebang. Nang Tani tidak akan mati atas perlakuan itu karena bisa berpindah tempat ke pisang lain.

Tapi dia akan marah karena rumahnya telah dirusak atau dimusnahkan. 

Kemarahan lain yang akan muncul dari Nang Tani si hantu pisang adalah ketika ada seorang lelaki yang telah berbuat kasar seperti melecehkan atau menganiaya seorang perempuan.

Dia dapat mengganggu lelaki tersebut. Dipercaya, Nang Tani akan keluar pada malam bulan purnama penuh dan itu adalah pucak kesaktiannya.

Kisah yang diyakini selain itu, adalah Nang Tani bisa dijadikan sebagai pasangan hidup. Tapi syaratnya adalah mencintai dengan kesetiaan. Jika Kisanak sudah berpasangan dengan Nang Tani dan berkhianat, maka akan diburu sampai ajal menjemput.

Selain itu, menurut Bangkok Post, bercinta atau berhubungan badan dengan hantu cantik penunggu pisang Nang Tani, akan menguras vitalitas pria. Mungkin karena Nang Tani adalah si cantik yang perkasa.

Baca juga: Museum Pisang: Pisang Adalah Senyuman Alam

Kebaikan Nang Tani Si Hantu Pisang


hantu, pisang, nang, tani, thailand
Sumber: Pixabay.com/jr peres

Sudah disinggung dan ditekankan sebelumnya bahwa sejatinya Nang Tani adalah hantu pisang yang cantik dan lembut. Pada dasarnya dia baik jika tidak diganggu.

Kebaikan Nang Tani yang sering dipercaya oleh masyarakat Thailand adalah rupanya dia sering memberikan sedekah untuk para biksu yang lewat. Tidak diketahui bentuk sedekahnya berupa apa.

Nang Tani si hantu pisang juga dianggap bisa meramal sehingga kadang dimintai bantuan untuk menafsirkan mimpi, cinta sejati atau pasangan masa depan. 

Itulah cerita unik tentang Nang Tani si hantu pisang dari Thailand. Di Indonesia, ada juga pisang yang diyakini agak memiliki kekuatan supranatural. Pisang itu adalah pisang genderuwo. Kisanak dapat menyimak informasinya di artikel Pisang Merah atau Pisang Genderuwo

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Nang Tani: Hantu Pisang dari Thailand"