Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Miliaran Harga Pisang Isinya Kokain

Harga pisang bisa bernilai miliaran rupiah, tergantung bagaimana caranya menjual. Untuk para kriminal, pisang bisa berharga miliaran. Itu karena, mereka menggunakan pisang untuk mengirim kokain. Pisang hanya sebagai alat mengelabui saja.

buah, pisang, paket, kiriman, kokain
Sumber: Unsplash.com/Scott Webb

Ide kreatif dari para penjahat kriminal itu beragam. Ada yang mengejutkan, ada yang lumrah, ada yang kejam, ada yang menarik dan pokoknya sangat beragam.

Pisang menjadi salah satu buah pilihan, bagaimana para penjahat kriminal membuatnya menjadi berharga miliaran. Itu karena, pisang tersebut dikirim dengan diisi oleh kokain yang disembunyikan.

Jadi pada dasarnya, mereka sebenarnya tidak mengirim paket pisang, melainkan mengirim paket barang haram. Mereka hanya menggunakan pisang sebagai alat untuk mengelabui saja.

Di beberapa belahan dunia, pihak berwenang berhasil mengungkap cara mengirim kokain dengan pisang. Berikut ini adalah kasus-kasus tersebut.

Silakan Kisanak tuntaskan membaca artikel berikut ini untuk mengetahui fakta-fakta menarik dan mengejutkan dari ide para penjahat yang menggunakan pisang untuk mengirim kokain.

Baca juga: 4 Resep Pisang Lezat dari Filipina

Pisang Palsu Berisi Kokain


pisang, hijau, paket, kokain
Sumber: Unsplash.com/Monika Guzikowska

Kasus pertama yang akan kita bahas adalah dari Spanyol. Di negara ini pada bulan Maret tahun 2017 lalu, pihak berwenang setempat berhasil menemukan kokaine di dalam pisang palsu.

Menurut agen berita Associated Press, dua orang pria mengangkut pisang dalam jumlah besar. Namun sebanyak 57 pisang di antaranya terbuat dari resin dan berisi kokain sebanyak tujuh kilogram.

Temuan kokain lainnya diletakkan di tutup kotak kardus buah sebanyak 10 kilogram kokain.

Akhirnya dua orang itu ditangkap oleh polisi. Satu lagi yang dalam penyelidikan diduga terlibat adalah warga Italia.

Kokain Di Antara Pisang Asli


Masih di Spanyol, jika kasus sebelumnya adalah penemuan kokain yang disembunyikan dalam pisang palsu, kini polisi negara itu menemukan kokain yang disembunyikan di antara pisang asli.

Penemuan barang haram terjadi pada tahun 2017, di pelabuhan Algeciras, Spanyol selatan. Jumlah kokain itu tidak main-main, 5.800 kilogram. Barang itu dikirim dengan pisang dari kota Medellin di Kolombia.

Menurut perkiraan kepolisian setempat, total duit dari kokain itu adalah 249 juta dolar atau sekitar Rp3,5 triliun. Tiga orang berhasil ditangkap, masing-masing warga Spanyol, Honduras dan Portugis.

Baca juga: 5 Seniman Menakjubkan Ini Berkarya dari Pisang

Paket Pisang Bernilai Rp5,7 triliun


pisang, buah, kokain, paket
Sumber: Pexels.com/alleksana

Wah, ini kita masih tetap di Spanyol dulu ya. Dan masih berada di tempat yang sama yakni di Algeciras. Hanya saja, waktunya yang berbeda dari sebelumnya.

Pada tahun 2018, polisi Spanyol kembali menangkap kokain yang diselundupkan dengan pisang. Total berat kokain tersebut adalah 8.700 kilogram atau hampir 9 ton. Barang itu dikirim dari Kolombia.

Harga jalan dari kokain yang disembunyikan dalam paket kiriman pisang itu sekitar 262 juta poundsterling atau sekitar Rp5,7 triliun.

Enam orang yang terlibat dibekuk oleh polisi. Dua orang di tahan di Prancis, satu orang di Algeciras, dan tiga orang di Malaga, Spanyol.

Kirim Kokain ke Penjara dalam Paket Pisang


Kasus unik tentang pengiriman pisang terjadi di sebuah penjara di Texas, Amerika Serikat (AS). Kejadian itu berlangsung tahun 2018 lalu.

Polisi telah menemukan 540 paket kokain yang disembunyikan di dalam paket buah pisang. Departemen Kehakiman Texas mengatakan "kadang-kadang orang memberi Anda lemon, kadang memberi pisang, dan terkadang itu adalah sesuatu yang tidak pernah Anda harapkan."

Paket pisang yang berisi kokain itu bernilai 18 juta dolar atau sekitar Rp270 miliar.

Baca juga: Perempuan Ini Koleksi Puluhan Ribu Label Pisang

Rp358 Miliar Kokain dalam Paket Pisang


pisang, tangan, buah, kokain
Sumber: Pexels.com/SHVETS production

Dari Amerika Serikat, kita berlanjut terbang ke Oseania, yakni di tepatnya di negara Selandia Baru. Paket pisang berisi 190 kilogram ditemukan di kota Auckland pada tahun 2018.

Barang haram tersebut diperkirakan senilai Rp358 miliar. Pria dari Sydney, Australia, telah ditangkap karena diduga terkait dalam kasus tersebut.

Penemuan paket kotak pisang itu menjadi salah satu temuan narkoba terbesar sepanjang sejarah di Selandia Baru.

Kotak Pisang Berisi Setengah Ton Kokain di Gudang Supermarket


Setelah dari Selandia Baru, kita lanjutkan perjalanan kembali ke Eropa, yakni ke Jerman utara. Sekitar setengah ton kokain telah ditemukan oleh pegawai Aldi Supermarket di kotak pisang.

Kotak-kotak tersebut sejak dari pelabuhan, tidak ada yang mengira bahwa di dalamnya ada kokain. baru ketika sudah berada di gudang supermarket dan pegawai mencoba mengambil pisang, kokain itu baru ditemukan.

Kejadian itu berlangsung pada tahun 2019 dan nilai barang tersebut sekitar 25 juta euro atau sekitar Rp418,5 miliar.

Baca juga: Uganda Produksi Bir dari Pisang

Paket Pisang Seharga Rp3,5 Triliun


paket, pisang, kokain
Sumber: Pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Pada Februari tahun 2021, Kepolisian Inggris telah menemukan 2,3 ton kokain dalam paket pisang yang dikirim dari Kolombia. Penemuan itu terjadi di sebuah kawasan industri di Tottenham, London utara.

Dari jumlah sebanyak itu, diperkirakan kokain berharga 184 juta poundsterling atau sekitar Rp3,5 triliun. Kokain didatangkan dari Kolombia.

Dari kejadian tersebut, sebanyak 10 pria yang berusia antara 21 hingga 56 tahun berhasil dibekuk oleh pihak yang berwajib.

Pegawai Carrefour Temukan Kokain dalam Kotak Pisang


Setelah dari Inggris, kita berpindah ke Polandia. Di negara itu, sebuah jaringan supermarket Carrefour, pegawainya telah menemukan kokain dalam kotak pisang pada Juni tahun 2021.

Pegawai kemudian memberitahukan kepada polisi dan narkoba itu berhasil diamankan. Menurut keterangan polisi, kokain itu seberat 190 kilogram dengan nilai 8,14 juta dolar atau sekitar Rp116,2 miliar.

Baca juga: 5 Resep Olahan Pisang yang Harus Dicoba

Ribuan Bungkus Kokain dalam Paket Pisang


pisang, narkoba, paket
Sumber: Pexels.com/SHVETS production)

Setelah dari Polandia, perjalanan kita akan bermuara di Montenegro, sebuah negara di Semenanjung Balkan yang bercita-cita masuk sebagai anggota Uni Eropa.

Di negara itu, pada bulan Agustus tahun 2021, kepolisian setempat menyita 1.205 bungkus kokain yang disembunyikan dalam paket pengiriman pisang. Total beratnya hampir mencapai satu ton.

Dari kokain sebanyak itu, diperkirakan nilainya lebih dari 3 juta euro atau sekitar Rp50 miliar. Polisi menangkap dua orang dalam peristiwa operasi penyitaan tersebut.

Bagaimana? Kasus pisang yang jadi barang untuk mengelabui barang haram sangat fantastis bukan?

Itulah beberapa kasus dari daya kreatif orang-orang kriminal, yang telah membuat harga pisang menjadi puluhan miliar, ratusan miliar atau bahkan mencapai triliunan.


Dari pada pusing dan kagum dengan angka-angka penjualan pisang yang berisi barang haram, mending Kisanak membaca informasi uniknya kulit pisang yang dapat dimakan di artikel Ragam Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Miliaran Harga Pisang Isinya Kokain"