Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Seniman Menakjubkan Ini Berkarya dari Pisang

Seniman selalu memiliki kreatifitas luar biasa. Buah pisang yang lezat disantap, dapat disulap jadi karya seni menakjubkan. Imajinasi dan ketelitian mereka sebagai seniman, membuat pisang jadi karya hebat.

seniman, karya, pisang, dunia pisang
Shutterstock/Kidung Paripurna


Lazimnya buah pisang di belahan dunia mana pun adalah untuk dimakan. Tapi cara menyantapnya yang mungkin beda. Bisa langsung disantap, bisa diproses menjadi makanan, kue, atau es yang menyegarkan.

Hampir jarang ditemukan bahwa buah pisang dapat menjadi karya seni. Tapi, yang namanya seniman, mereka bisa membuat buah pisang yang biasa disantap menjadi karya yang menakjubkan.

Ada banyak seniman yang berkarya dengan buah pisang. Berikut ini kami berikan informasi menarik mereka, dan karya-karya mereka yang sangat menakjubkan tersebut.

Pengukir Pisang dari Jepang

Namanya Keisuke Yamada. Ia terkenal dan mendapatkan perhatian global antara tahun 2013 sampai tahun 2014 lalu. Karyanya dari mengukir pisang, membuat dirinya menjadi perhatian.

Yamada mengaku bahwa ia memang suka seni, khususnya menggambar. Tapi ia sebelumnya tak pernah berpikir akan menjadi pengukir buah pisang.

Selain itu, pria muda dari Jepang tersebut juga tak membutuhkan alat pahat yang banyak jenisnya seperti layaknya alat pahat kayu. Dia hanya menggunakan peralatan sehari-sehari yang biasa ditemui di dalam rumah, yakni sendok dan tusuk gigi.

Dalam kisahnya yang dimuat di Nikkei, Yamada menceritakan prosesnya dalam mengukir buah pisang. Pertama, ia akan mengupas lalu membuat garis lebih dulu. Kemudian, Yamada mulai mengukir dengan menyingkirkan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan.

Tapi bagian pisang yang tidak dibutuhkan itu, tidak dibuang melainkan ia memakannya. Jadi tidak ada bagian dari buah pisang yang dibuang.

"Saya memakannya. Saya mengukir, lalu saya makan, mengukir, dan makan. Saya ulangi proses ini sampai pekerjaan selesai."

Karya ukir pisang Keisuke Yamada beragam. Dari mulai tokoh kartun The Simpson sampai karakter Alien. Dia juga mengukir tokoh karakter Marvel serta King Kong. Ada berbagai macam karakter yang dia ukir dengan detail yang luar biasa seperti binatang kuda atau Naga.

Bagi Yamada, mengukir pisang telah membuatnya menjadi tenang. Kekecewaan yang ia rasakan dalam hidup, dapat diluapkan dengan mengukir pisang.

Baca juga: Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair (MOL)

Seniman Belanda Berkarya dengan Pisang


Jika yang pertama adalah dari Jepang, kini kita "terbang" ke Eropa, yakni ke Belanda. Di negeri Kincir Angin itu, ada seorang seniman yang meraih popularitasnya dari karya yang terbuat dari pisang.

Nama seniman itu adalah Stephan Brusche yang berasal dari kota Rotterdam.

Brusche telah berkarya dengan pisang selama bertahun-tahun. Namanya mulai banyak diceritakan di jagat dunia maya pada tahun 2018 lalu. Buah pisang di tangannya menjadi objek yang diproses jadi karya seni menakjubkan.

Dalam pengakuannya kepada Bored Panda, Brusche menjelaskan "Saya sedang bekerja dan saya hanya ingin memposting sesuatu. Saya kemudian melihat pisang dan saya pikir itu akan menjadi postingan yang bagus jika saya menggambar sedikit wajah bahagia di atasnya."

Dari menggambar kulit pisang, seniman dari Belanda itu kemudian lebih jauh lagi bergerak untuk mengukir buahnya juga.

Ada bermacam karya yang pria Belanda itu buat dari buah pisang. Ada ukiran badak, ada ukiran orang suci, ada ukiran karakter kartun, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa mengintip karya-karyanya lewat akun media sosial miliknya. Sampai tahun 2021, dia masih mengunggah karya-karya seninya tersebut.

Baca juga: Cerita Pisang Termahal di Dunia Harganya 1,7 Miliar

Seniman Inggris Menggambar Kulit Buah Pisang


Setelah dari Belanda, kita "naik" kereta Eurostar menuju Inggris. Butuh waktu sekitar tiga jam lebih 49 menit untuk menempuhnya, dan kemudian bertemu dengan seniman bernama Anna Chojnicka. Seniman satu ini, menggambar kulit pisang dengan detail yang indah.

Ratusan karya telah ia hasilkan dari menggambar di kulit pisang. Ia membagikan karyanya di media sosial.

Kalian bisa melihat karya-karya hebatnya di kulit pisang, kulit yang biasanya sering digambarkan di film sebagai alat untuk membuat orang terpeleset.

Anna mulai berkarya di buah pisang sejak ia terinfeksi virus corona pada tahun 2020 lalu. Selama masa isolasi, ia "menjadi gila" dan akhirnya menemukan pisang untuk menumpahkan emosi.

Uniknya, perempuan Inggris itu tidak menggunakan pena, pensil lukis atau cat lukis. Ia hanya menggunakan semacam jarum, kemudian menusuk-nusuk kulit pisang sampai memar sesuai dengan gambar yang ia inginkan.

Hasil tusukan yang membuat kulit pisang memar itu kemudian berubah warna menjadi lebih gelap, sehingga menjadikan gradasi yang menakjubkan untuk lukisan atau gambarnya.

Ada banyak jenis gambar yang telah ia buat, bahkan Mona Lisa juga ia tiru. Dia bahkan menggambar beberapa perempuan dari berbagai kalangan dalam satu pisang. Selain itu, dia juga menggambar spion mobil yang sedang melaju. Karakter binatang juga ia buat.

Ketekunan, kesabaran dan imajinasi serta kreatifitas telah membuat Anna menjadi seorang seniman kulit pisang luar biasa. Ia juga akhirnya mengajar para manula yang merasa terisolasi selama wabah virus corona.

Karya-karya pisang Anna Chojnicka sangat menakjubkan dan layak untuk diberi apresiasi.

Baca juga: Serat Pelepah Pisang untuk Bahan Tekstil

Bananametrics dari Seniman Romania

Setelah dari Inggris, kita akan pergi ke sebelah timur, di wilayah Eropa Tengah yakni Romania. Seorang seniman bernama Dan Cretu telah menjadikan pisang jadi objek karya seninya.

Dan Cretu aslinya adalah seorang fotografer. Tapi dia suka dengan desain visual dan mulai belajar menjadi ilustrator. Namun bahan yang ia gunakan untuk menuangkan imajinasinya adalah dengan buah pisang.

Salah satu ciri khas dari seniman Romania satu ini adalah, karya-karya seni pisangnya berbentuk geometris. Dia melukis atau mengukir kulit pisangnya secara geometris sehingga menjadi karya yang unik dan menakjubkan.

Karena bentuk lukisan dan ukirannya yang geometris, oleh sebab itu karya Dan Cretu disebut sebagai Bananametrics. 

Karena pisang ketika sudah matang, mudah berubah warna kulitnya dan cepat membusuk, maka Cretu menggunakan pewarna untuk menyempurnakan ukirannya. Karya-karya Cretu dengan begitu semakin mempesona dan menakjubkan.

Baca juga: Kain Serat Pisang dari Jepang, Kijoka Bashofu

Peniti dan Lukisan di Kulit Pisang


seni, pisang, karya, honey, peniti, seniman
Sumber: mymodernmet.com


Sebelum keempat seniman tersebut, ada satu seniman yang disebut bernama Honey. Dia populer pada tahun 2013. Namun identitas seniman ini tidak terlalu rinci. Tapi karya-karya seninya dari kulit pisang, sangat luar biasa.

Honey menggunakan peniti untuk menciptakan karya di kulit pisang. Cara kerjanya, hampir seperti Anna Chojnicka, yakni dengan cara menusuk-nusuk kulit pisang. Dari hasil tusukan itu, maka kulit pisang akan teroksidasi dan menjadi berwarna lebih gelap.

Warna gelap yang terbentuk dari tusukan peniti, sesuai pola imajinasi yang dimiliki sang seniman, menjadi beberapa wajah orang terkenal atau artis-artis terkenal seperti Madonna atau Jim Morrison. Setelah karya itu jadi, lalu dipotret kemudian pisangnya dimakan oleh sang seniman.

Beberapa orang di dunia ini memang memiliki kemampuan otak yang sangat luar biasa. Dari imajinasi, mereka bisa menciptakan karya yang unik, keren dan menakjubkan. Bahkan dari pisang atau kulit pisang, itu juga bisa menjadi karya hebat.

Di Indonesia, ada juga beberapa orang kreatif yang menggunakan bagian pisang, yakni pelepahnya. Mereka membuat berbagai karya seperti songkok dari pelepah kulit pisang dan akhirnya memiliki nilai jual yang lumayan. Simak ulasannya di Menyulap Pelepah Pisang jadi Songkok


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "5 Seniman Menakjubkan Ini Berkarya dari Pisang"