Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekor Dunia Pisang, Ada yang Bobotnya Satu Kuintal Lebih

Di Kepulauan Canary, ada pisang yang beratnya lebih dari satu kuintal. Pisang tersebut dicatat di dalam Guinness World Record dan memiliki lebih dari empat ratus pisang dalam satu tandannya.

pisang, buah pisang, rekor pisang, rekor dunia tentang pisang
Ilustrasi (Unsplash.com/Deon Black)

Pada kesempatan kali ini, kami dari Dunia Pisang membuat artikel yang ringan dan menghibur tentang berbagai jenis rekor dunia yang berkaitan dengan pisang.

Karena buah yang populer, pisang juga memiliki kekayaan informasi yang menarik. Beberapa di antaranya adalah pisang terbesar di dunia dan juga pisang terbesar di Indonesia.

Selain itu, ada juga orang-orang yang berusaha menciptakan rekor dengan pisang. Berikut ini adalah beberapa daftar rekor yang tercipta yang berkaitan dengan pisang.

Pisang dengan tandan terbesar


pisang terbesar di dunia, pisang terbesar, pisang
Guinness World Records

Buah pisang yang keluar dari bunganya akan membentuk sisir pisang. Tiap dua sisir pisang, orang Jawa menyebutnya setangkep. Dari banyak sisir pisang ini kemudian terbentuklah tandan pisang.

Setiap jenis pisang memiliki variasi tandan. Bahkan satu jenis pisang juga kadang memiliki perbedaan tandan. Ada yang satu tandan berisi delapan sisir, ada yang satu tandan berisi 10 sisir bahkan ada yang satu tandan berisi dua atau satu sisir saja.

Itu semua tergantung dengan perawatan jenis pisang tersebut. Semakin perhatian cara merawatnya, semakin bagus pula tandan pisang yang dihasilkan.

Di Kepulauan Canary yang masuk wilayah Spanyol, pernah ada pisang dengan tandan terbesar. Pisang tersebut dicatat pada tahun 2001 lalu oleh Guinness World Record.

Jumlah pisang dalam satu tandan adalah 473 pisang dan total beratnya adalah 130 kilogram. Pisang itu dimiliki oleh Manual Kabana.

Pisang ini tidak seperti Pisang Seribu yang semakin ke ujung, buahnya semakin kecil. Buah pisang Manual Kabana itu besar-besar bahkan sampai ke ujung. Tandan pisang itu ketika berdiri, tingginya hampir sama dengan tinggi lelaki dewasa.

Spesies pisang terbesar di dunia


Indonesia adalah salah satu daerah yang memiliki keragaman jenis pisang. Ada berbagai macam pisang di negeri ini, baik itu yang sudah dibudidayakan atau masih liar di hutan.

Salah satu permata luar biasa dari spesies pisang di Indonesia adalah Musa ingens. Ini adalah spesies pisang yang sejauh ini diketahui terbesar di dunia.

Panjang daunnya bisa mencapai lima meter dengan lebar satu meter. Ini bisa digunakan sebagai atap sementara untuk gubuk di tengah hutan.

Batang atau "pohonnya" bisa mencapai ketinggian antara 15 meter sampai dengan 20 meter. Bahkan pada tahun 1954 disebutkan, pernah ditemukan pisang Musa ingens yang tingginya mencapai 30 meter.

Diameter "pohon" pisang Musa ingens mampu mencapai 94 sentimeter.

Tandan pisang Musa ingens dapat mencapai berat 60 kilogram dan mampu menampung sebanyak 300 individu pisang dengan panjang sekitar 18 sentimeter. Buahnya disebutkan berasa manis dan lezat dan berbiji.

Sebagai tanaman non kayu, Musa ingens yang dapat berdiri tinggi tersebut rawan dihantam oleh angin. Di Indonesia, pisang Musa ingens ini diketahui berada di Kabaten Pegunungan Arfak. Banyak di antara pisang Musa ingens ditemukan di Papua Nugini.

Pisang termahal di dunia


Sebenarnya karena buah pisang adalah buah yang kini populer di dunia, harga rata-rata buah pisang standar dan dapat dibilang tidak terlalu mahal.

Sejauh ini harga pisang paling mahal sebagai buah adalah di Korea Selatan per kilogramnya. Harganya sekitar Rp.50.000.

Tapi ada saat-saat tertentu pisang berharga sangat mahal. Bahkan hitungannya bukan per kilogram tapi hanya satu biji.

Pisang tersebut adalah pisang yang dibuat sebagai karya seni. Pembuatnya adalah seorang seniman Italia bernama Maurizio Cattelan.

Dia membeli pisang seharga 0,30 dolar AS atau sekitar Rp.5.000. Lalu ditempelkannya pisang itu dengan selotip warna silver di dinding pameran karya seni di Miami, Amerika Serikat.

Karya seni itu dibeli oleh Davin Datuna seharga 120 ribu dolar AS atau setara dengan Rp.1,7 miliar. Ini adalah pisang termahal di dunia!

Tower pisang tertinggi


Sebuah video yang beredar di situs Recordsetter memperlihatkan seorang lelaki membuat tower pisang. Tower pisang itu disebut sebagai tower pisang tertinggi.

Video yang diunggah oleh akun bernama Jonathan Mireles sepanjang 2 menit 41 detik. Dalam video sepanjang itu, seorang lelaki menurunkan tower pisang dan menghitungnya. Ada 32 pisang yang berhasil disusun.

Cara kerja penyusunan tower pisang tersebut adalah dengan cara meletakkan pisang, kemudian menumpuknya dengan pisang yang lain yang sebanyak 32 pisang. Penumpukan pisang untuk membuat tower tidak boleh menggunakan bantuan seperti lem atau pengait.

Video rekor membuat tower pisang sebanyak 32 buah itu diunggah pada 4 September 2016 di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Video tersebut mematahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh BuroHappold Engineering. BuroHappold Engineering dari Inggris membuat tower pisang setinggi 28 buah, dan videonya diunggah pada 5 Mei 2016.

Makan pisang satu kilogram tercepat


Makan pisang sebenarnya tidak perlu banyak. Satu pisang saja sebenarnya telah membuat perut terasa kenyang.

Tapi di Amerika Serikat, tepatnya di California, seorang lelaki bernama John Rivera, makan pisang sebanyak satu kilogram dan disebut itu tercepat.

Di laman Recordsetter, sebuah video sepanjang 2 menit tiga detik menunjukkan seorang lelaki makan pisang sebanyak satu kilogram dalam waktu 1 menit 2,36 detik.

Lelaki itu memakan pisang sebanyak satu kilogram dengan cepat, disertai bantuan segelas air putih. Video tersebut diunggah pada 26 September 2015.

Itulah tadi 5 rekor dunia tentang pisang, dari mulai pisang dengan tandan terbesar, spesies pisang terbesar di dunia, sampai dengan memakan satu kilogram pisang tercepat.

Kisanak dapat membaca informasi menarik tentang asal-usul pisang Cavendish, pisang yang paling populer di dunia saat ini.


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "5 Rekor Dunia Pisang, Ada yang Bobotnya Satu Kuintal Lebih"