Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Tongka Langit, Pisang Unik dari Maluku

Pisang unik dari Maluku adalah Tongka Langit. Secara harfiah, ini maknanya adalah "tongkat langit" karena buah pisangnya tegak berdiri. Jadi ketika berbuah, pisang ini tidak menjulur ke bawah seperti pisang pada umumnya.

pisang, pisang tongka langit, pisang songgobumi, tongka langit
Pisang Tongka Langit yang sudah dipanen. (Wikipedia.org/Saga70)

Memang pisang di Indonesia yang dianggap lezat dan nikmat adalah pisang Ambon. Ambon sendiri adalah ibukota dari provinsi Maluku.

Jadi ketika menyebut pisang Ambon, pasti juga akan sedikit terbersit kota di Maluku tersebut.

Meski begitu, sebenarnya ada pisang lain yang jauh unik dan bahkan lebih hebat dari pisang Ambon yakni pisang Tongka Langit. Habitat pisang ini sebagian besar juga berada di Maluku. Tapi di Papua juga ada pisang Tongka Langit ini.

Di pulau Jawa, para peneliti pernah menemukan pisang yang tegak berdiri dan mengidentifikasi sebagai pisang Tongka Langit. Meski begitu, sejauh ini masih dilakukan penelitian mengapa pisang tersebut bisa sampai di pulau Jawa.

Di beberapa wilayah lainnya, juga masih di pulau Jawa, pisang yang menjulang ke langit seringkali lebih dekat dengan wingitnya. Pisang yang menjulang ke langit sering digunakan untuk acara tertentu dan jadi bagian dari ritual, khususnya di daerah Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Resep Olahan Pisang yang Harus Dicoba

Di daerah Yogyakarta, Kraton di daerah istimewa itu juga disebutkan memiliki pisang yang menjulang ke langit. Pisang itu dinamakan Pisang Songgobuwono. Menurut saya, itu adalah Musa velutina, salah satu jenis pisang berwarna pink yang asalnya dari daerah lereng Himalaya.

Di Yogyakarta, pisang Songgo Buwono juga kerap disebut dipakai untuk acara ritual tertentu.

Ciri-ciri pisang Tongka Langit


pisang, pisang tongka langit, tongka langit maluku
(Twitter.com/Ester Irene)

Kita membahas pisang Tonga Langit dari Maluku saja, sebelum berpanjang lebar membahas pisang yang menjulang ke langit lainnya.

Pisang Tongka Langit ini menjadi pisang unik dengan buah yang besar-besar dan menyehatkan. Warna buahnya juga cerah kuning agak kecokelat-cokelatan. Rasa daging buahnya disebut asam-sepat dan berwarna kuning seperti mentega.

Secara ilmiah, pisang Tongka Langit ini bernama Musa troglodytarum. Habitatnya tersebat di Saparua, Seram, Ambon, Nusa Laut, Haruku, dan Buru Selatan. Beberapa daerah di Polinesia Prancis juga ada pisang seperti ini.

Baja juga: Cerita Pisang Termahal di Dunia Harganya 1,7 Miliar

Tanaman pisang ini dapat tegak berdiri setinggi 10 meter. Lingkar batangnya bisa mencapai 50-100 centimeter. Getah atau tlutoh-nya lebih cenderung berwarna merah muda cerah atau ungu atau seperti magenta. Daunnya juga bisa panjang dan lebar.

Ciri selanjutnya yang khas adalah tandan buah pisang Tongka Langit ini tegak ke atas menjulang ke langit. Biasanya satu tandan terdiri dari 5-7 sisir. Panjang buangnya bisa mencapai 20 sampai 30 centimeter.

Manfaat pisang Tongka Langit


pisang, pisang tongka langit, pisang fe'i, getah pisang tongka langit
(musarama.org/Lois Englberger)

Bagi masyarakat Maluku, pisang Tongka Langit ini diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah demam, mata, dan diabetes.

Pisang Tongka Langit juga dipercaya dapat meningkatkan stamina pria serta menjaga kekebalan tubuh.

Melansir Daily Voyagers, rasa buah pisang Tongka Langit ini asam, sepat dan cenderung ke pahit. Meski begitu, rasa pahitnya tidak terlalu kentara.

Memakan buah pisang Tongka Langit bagi warga Maluku sudah biasa dilakukan. Tapi beberapa cara lain untuk memakan buah pisang ini yang lumrah dilakukan seperti merebus atau menggorengnya.

Baca juga: Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Cair (MOL)

Pisang ini secara umum oleh dunia internasional disebut pisang Fe'i. Oleh FAO, ada efek unik fisiologis ketika memakan buahnya yang kuning tersebut, yakni urin orang yang memakannya bisa berwarna hitam.

Di daerah Marquesas dan Kepulauan Society, pisang Tongka Langit atau Fe'i ini jadi komponen penting dari pesta atau acara khusus. Di masa lalu, masyarakat di sana biasanya memasak pisang tersebut dengan cara dipanggang di dalam lubang dengan bahan makanan lain, tetapi pada awal abad ke-20, pisang lebih umum direbus.

Kandungan nutrisi pisang Tongka Langit

pisang tongka langit, pisang, pisang fe'i, rumphius,
Gambar pisang Musa uranoscopos (Musa troglodytarum) dari "Herbarium amboinensis" karya Rumphius (1747) (Wikipedia.org)

Menurut seorang penulis yang bernama T. K. Lim dalam buku Edible Medicinal And Non Medicinal Plants volume 3, dia mencatat bahwa pisang Tongka Langit atau pisang Fe'i kaya akan nutrisi.

Beberapa nutrisi tersebut adalah, kalsium, kalium, betakaroten, ribloflavin, dan niasin. Sedangkan kandungan vitaminnya adalah vitamin E.

Beberapa kandungan mineral dalam kadar rendah juga ditemukan yakni besi dan seng. Tapi kandungan yang tertinggi adalah riblofavin atau vitamin B dan betakaroten yang 20 kali lipat lebih tinggi dibandingkan kultivar pisang Williams (keluarga Cavendish).

Baca juga: Menyulap Pelepah Pisang jadi Songkok

Dengan kandungan betakarotin yang tinggi itu, berarti dengan mengonsumsi 250 gram pisang Tongka Langit ini maka kebutuhan vitamin A perhari seseorang sudah terpenuhi.

Kapolda Maluku Irjen Pol Budhi Andap Revianto yang baru saja dipindah setelah bertugas dari Sulawesi Tenggara pada tahun 2018 lalu mengatakan "saya kagum karena baru kali ini melihat pohon pisang unik," katanya ketika melihat pisang Tongka Langit untuk pertama kalinya, melansir dari Sindo News.

Misteri pisang Tongka Langit di Jawa

pisang tongka langit, pisang fe'i, pisang songgobumi
Pisang Tongka Langit di Maluku (Twitter.com/OPA)

Di Jawa, beberapa pisang yang menjulang ke langit ini juga ditemukan. Pada tahun 2013, seorang lelaki dari Karanganyar yang bernama Sriyono pernah memelihara pisang yang menjulang ke langit. Tapi menurutnya, itu adalah pisang Songgolangit.

Menurut Sriyono pisang tersebut bibitnya berasal dari Alas Purwo, Banyuwangi. Ada dua jenis yang pertama pisang Songgolangit dan kedua adalah pisang Songgobumi. Untuk pisang Songgobumi diyakini dilarang ditanam dan hanya Kraton Yogyakarta yang menanamnya.

Tidak diketahui apakah pisang milik Sriyono itu serupa dengan pisang Tongka Langit yang biasa ditemukan di daerah Maluku, masih menjadi misteri tersendiri.

Selain itu, misteri lain juga pernah didapati oleh para ilmuwan pada tahun 2017 silam. Tim peneliti gabungan dari ITB dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementrian Pertanian menemukan pisang menjulang di kaki gununug Galunggung, Jawa Barat.

Kepala ekspedisi yang bernama Ketut Wikantika, melansir dari BBC, mengatakan bahwa pisang itu adalah adalah pisang Tongka Langit.

Menurut Wikantika, pisang Tongka Langit sudah pernah berbuah di Galunggung sebelum tahun 1982. Tapi yang menurutnya masih menjadi misteri adalah, kenapa pisang tersebut ada di daerah itu, padahal habitat asli dan umumnya ada di Maluku.

Dia dan timnya kemudian melakukan penelitian lanjutan dengan pemetaan menggunakan drone untuk melihat daerah mana saja yang tumbuh pisang Tongka Langit di sekitar Galunggung.

Pernahkah Kisanak melihat pisang berwarna pink? Temukan informasi menariknya di artikel Musa velutina, Pisang Unik Berwarna Pink

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Tongka Langit, Pisang Unik dari Maluku"