Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Merah atau Pisang Genderuwo

Pisang memiliki banyak jenis dan varietasnya. Bentuk dan warnanya juga beda-beda. Umumnya pisang berwarna hijau dan kuning saat matang. Tapi ada juga pisang yang berwarna biru dan merah. Di daerah Yogyakarta, pisang merah ini disebut pisang Genderuwo.

pisang merah, pisang genderuwo, pisang,
(Wikipedia.org/Genet)

Pisang merah itu adalah pisang yang kulitnya berwarna merah. Warna isi didalamnya mirip seperti pisang pada umumnya, yakni krem. 

Nama pisang itu berbeda-beda di tiap wilayah di Indonesia. Begitu juga nama pisang unik yang kulitnya berwarna merah tersebut.

Di Yogyakarta, nama pisang merah ini adalah pisang Genderuwo. Tentang asal-usul penamaan tersebut tidak terlalu jelas. Mungkin karena mitor bahwa pisang adalah tanaman yang paling disukai sebagai tempat tinggal lelembut.

Di beberapa daerah di Jawa Tengah, pisang merah ini ada yang menyebutnya pisang Kidang. Warna kulitnya sebenarnya tidak merah sempurna, tetapi merah keungu-unguan. Ada juga yang menyebut pisang merah tersebut dengan sebutan pisang Gintung.

Di daerah Jawa Barat atau Sunda, pisang merah disebut pisang cau hurang atau pisang kepala udang.

Pisang Merah adalah satu keluarga dengan pisang Cavendish

pisang merah, pisang genderuwo, pisang, red banana
(Wikipedia.org/Ekem)

Secara ilmiah, pisang merah disebut juga Musa acuminata 'Red Dacca'. Pisang ini masuk dalam keluarga pisang Cavendish, yakni kelompok genom AAA Group.

Pisang merah ini juga memiliki persamaan dengan pisang merah lain yang bernama ilmiah Musa acuminata Colla dan memiliki banyak sebutan menurut negaranya.

Ada yang menyebutnya Spanish Red, Jamaican Red, Cuban Red, atau kalau di Australia disebut Red Dacca.

Saat ini sudah banyak yang menjual bibitnya di pasaran toko online dengan harga di kisaran Rp 25.000.

Baca juga: Kain Serat Pisang dari Jepang, Kijoka Bashofu

Pisang Merah atau Pisang Kidang atau Pisang Genderuwo

pisang, pisang merah, pisang genderuwo, pisang kidang, pisang gintung
(Wikipedia.org/NukeNinja)

Menurut Sugeng Darmanto yang dihubungi oleh Liputan6, ia menjelaskan dinas pertanian dan pangan Yogyakarta memiliki 250 jenis pisang termasuk pisang Genderuwo.

Dalam pengakuannya, pisang Genderuwo atau pisang Kidang ini termasuk pisang yang langka.

"Pisang kalau di Indonesia sangat varian, ada pisang Ambon juga emas. Ada pisang yang bentuknya tidak menarik bulet warnanya tidak menarik banget. Ketersediaan juga jarang dibudidayakan pisang Genderuwo ini," kata Darmanto.

Baca juga: Buah Surga Bernama Pisang

Selain itu, pisang Genderuwo atau pisang Kidang ini juga jarang digunakan dalam acara sosial seperti hajatan. Pisang Merah atau pisang Genderuwo lebih sering dikonsumsi dengan cara dimakan begitu saja ketika sudah matang.

Kandungan nutrisi pisang Merah atau pisang Genderuwo

pisang, pisang merah, red dacca, pisang genderuwo, red cubban

Sebenarnya hampir semua jenis buah pisang memiliki nutrisi yang sama. Buah pisang ini kaya akan nutrisi seperti potasium, vitamin B, vitamin C dan kaya akan serat.

Begitupun dengan pisang Merah atau pisang Genderuwo, pisang ini juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya seperti pisang pada umumnya.

Baca juga: Filosofi Pisang dalam Adat Pernikahan Jawa

Satu pisang merah kecil (100 gram) menyediakan:

  • Kalori: 90 kalori
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 3 gram
  • Kalium: 9%
  • Vitamin B6: 28%
  • Vitamin C: 9%
  • Magnesium: 8%

Kandungan utama pisang Merah atau pisang Genderuwo sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang merah kecil (100 gram) sangat padar mengandung nutrisi dengan kandungan vitamin B6, magnesium, dan vitamin C yang tinggi.

Manfaat pisang Merah atau pisang Genderuwo

pisang merah, pisang genderuwo, pisang kidang, pisang
(Wikipedia.org/Dllu)

Apa sebenarnya yang membuat pisang merah ini memiliki kulit berwarna kemerah-merahan? Kandungan senyawa yang ada di pisang merah ini adalah Karotenoid. Inilah yang membuat kulit pisang ini berwarna kemerah-merahan.

Dua kandungan dalam karotenoid adalah lutein dan betakaroten. Ini bagus untuk kesehatan mata. Karena kandungannya yang lebih banyak dibanding pisang lain, maka pisang ini lebih unggul untuk menjaga kesehatan mata kita.

Selain bagus untuk kesehatan mata, pisang Merah atau pisang Genderuwo juga kaya akan antioksidan. Beberapa kandungan antioksidan yang penting di pisang ini adalah:

  • karotenoid
  • antosianin
  • vitamin C
  • dopamin

Antioksidan ini adalah senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Baca juga: Lagu tentang Pisang jadi Inspirasi Perjuangan Buruh

Berlebihan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang terkait dengan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Dengan tingginya kandungan antioksidan, pisang ini juga bagus dalam mendukung sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya. Vitamin B6 yang banyak di pisang Merah inilah yang paling bagus dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Harga pisang Merah atau pisang Genderuwo


Secara umum, meski pisang ini disebut sebagai pisang langka dan sulit ditemukan di pasaran tradisional, tapi harga buah pisang ini terkenal murah.

Pisang Merah atau pisang Genderuwo tetap kalam harga jika dibandingkan dengan pisang Ambon atau pisang Cavendish, meski dalam satu kelompok yang sama.

Rata-rata pisang Merah ini diharga sekitar Rp 20.000 untuk satu sisir. Bahkan kemungkinan bisa lebih murah lagi.

Rasa pisang Merah atau pisang Genderuwo lebih manis

pisang merah, pisang genderuwo, pisang, tanaman pisang merah
(Wikipedia.org/Nevit Dilmen)

Pisang Merah atau pisang Genderuwo ini sebenarnya memiliki tiga keunggulan utama jika dibandingkan dengan pisang umumnya yang berwana kuning. Tiga keunggulan pisang Merah tersebut adalah:

  • lebih kecil dan lebih padat
  • memiliki rasa yang lebih manis
  • mengandung lebih banyak vitamin C
  • lebih tinggi dalam beberapa antioksidan


Selain itu, pisang Merah juga lebih tahan lama jika disimpan dalam suhu ruang. Pisang Merah yang ditaruh di meja sebagai pisang pencuci mulut, akan lebih lama lembeknya jika dibandingkan dengan pisang kuning.

Jika pisang kuning warna kulitnya akan berubah menjadi totol-totol hitam karena efek gula yang dikandung didalamnya, pisang Merah ini akan bertahan lebih lama dan lebih awet.


Itulah tadi ulasan mengenai pisang Merah atau pisang Genderuwo. Kisanak bisa mendapatkan informasi menarik lainnya tentang pisang berwarna biru di artikel Pisang Blue Java atau Kepok Awu, Manfaat dan Harga

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Merah atau Pisang Genderuwo"