Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Blue Java atau Kepok Awu, Manfaat dan Harga

Pisang Blue Java pernah populer beberapa waktu lalu. Pisang ini menjadi terkenal karena warna kulitnya yang berwana "blue" atau biru keperak-perakan. Pisang Blue Java ini kalau di Jawa Tengah banyak yang menyebutnya pisang Kepok Awu.

pisang blue java, blue java, pisang kepok awu, kepok awu

Bagi orang yang tinggal di perdesaan, melihat pisang mentah berwarna biru keperak-perakan itu bukan sesuatu hal yang mengejutkan. Itu adalah pisang Blue Java atau disebut pisang Kepok Awu di beberapa wilayah di Jawa Tengah.

Dulu, pisang ini banyak tumbuh di kebun-kebun sebelah rumah warga. Batang pohonnya bisa besar dan tinggi. Daunnya bisa menjulang dan lebar. Kalau subur, tanaman Blue Java atau Kepok Awu ini menyenangkan dilihat.

Namun lambat laun, pisang Blue Java atau Kepok Awu ini mulai tersingkir. Menurut beberapa tetangga saya, termasuk orang tua saya, ini karena harga jualnya yang murah.

Rata-rata pisang Kepok Awu kalau berbuah itu besar-besar. Untuk mengangkat satu tandan butuh kekuatan yang cukup banyak karena berat. Banyak petani yang kecewa ketika membawanya ke pasar, sebab pisangnya berat tapi dihargai murah.

Tidak diketahui dengan pasti berapa harga pisang ini dijual dari pedagang ke konsumen. Namun pisang Kepok Awu atau Blue Java ini dari petani, lebih sering diberi harga yang kalah jauh dibandingkan dengan harga pisang Raja.

Selain itu, pisang Blue Java atau Kepok Awu yang varietas lama atau tidak genjah cenderung lama berbuahnya. Hal ini juga faktor lain mengapa banyak orang kemudian malas memelihara pisang tersebut.

Meski begitu, di luar negeri, pisang Blue Java atau Kepok Awu ini memiliki penilaian tersendiri.

Pisang Blue Java disebut juga pisang Ice Cream


pisang blue java, ice cream banana

Pisang Blue Java leluhurnya adalah pisang dari Asia Tenggara. Pisang Blue Java adalah kawin silang antara Musa acuminata x Musa balbisiana cv. Struktur genomnya masuk dalam kelompok triploid ABB.

Ini berarti pisang Blue Java atau Kepok Awu memiliki kandungan pati yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan gulanya.

Di beberapa wilayah Afrika, pisang Blue Java atau Kepok Awu dijadikan sebagai plantain atau bagian dari makanan pokok. Di masyarakat Barat, misalnya di Amerika Serikat, pisang Kepok Awu ini masuk dalam klasifikasi buah meja atau buah pencuci mulut. Posisinya sama seperti pisang Cavendish.

Di Amerika Serikat, wilayah penghasil pisang Blue Java adalah kepulauan Hawaii yang memiliki udara subtropis mirip Indonesia. Pisang ini selain disebut Blue Java, juga disebut sebagai pisang Ice Cream.

Orang-orang di Amerika Serikat menganggap pisang Blue Java atau Kepok Awu memiliki aroma yang mirip dengan vanilla. Mereka kadang menjadikan pisang tersebut sebagai es krim atau sebagai olesan roti pengganti mentega.

Di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, pisang Kepok Awu atau Blue Java sering dimasak dengan cara dikukus atau digoreng.

Manfaat pisang Blue Java atau Kepok Awu


pisang kepok awu, manfaat pisang kepok awu, manfaat

Manfaat dari pisang Blue Java atau Kepok Awu ini sebenarnya banyak. Pisang ini kaya akan potasium, dan mengandung banyak mineral. Untuk setiap 100 gram, komposisi nutrisi pisang tersebut adalah 0,3 g lemak, 22,8 g karbohidrat, dan 89 kalori.

Pisang Blue Java atau Kepok Awu kaya akan serat sehingga dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Senyawa antioksidan yang terkandung didalamnya adalah asam galat, asam ferulat dan dopamin. Antioksidan diyakini memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan lainnya.

Harga bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu


bibit pisang kepok awu, bibit pisang blue java

Sebenarnya ketika saya bertanya warga di kampung saya, harga bibit bonggol Kepok Awu ini, mereka bingung. Itu karena mereka tak biasa menjual bibit pisang Kepok Awu. Alasannya ya karena tadi, harga jualnya tidak bagus dan panennya juga lama.

Jadi kalau di kampung, andaikan beruntung, sebenarnya meminta bibit bonggol pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java ini kepada tetangga yang punya, pasti diberikan. Apalagi kalau mau membelinya.

Meski begitu, ada juga beberapa penjual tanaman di market place yang menjual bibit bonggol pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java tersebut.

Dalam beberapa survei yang telah saya lakukan di beberapa market place, harga termurah bibit bonggol pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java ini adalah Rp 10.000. Penjualnya adalah orang Bangkalan, Madura.

Sedangkan harga bibit pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java rata-rata berkisar antara Rp 30.000 sampai dengan Rp 95.000.

Ada juga yang menjual bibit pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java ini seharga lebih dari Rp 100 ribu atau lebih dari Rp 200 ribu dengan embel-embel "pisang langka."

Harga bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu di mancanegara


bibit pisang blue java atau pisang kepok awu, bibit pisang kepok awu, bibit pisang blue java

Lalu kalau bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu ini di mancanegara berapa? Saya juga sudah melakukan beberapa survei mengenai harga bibit pisang Blue Java ini di market place luar negeri. Harganya bervariasi.

Di situs tropicalfruit, bibit pisang Blue Java, atau pisang Ice Cream atau pisang Kepok Awu ini dihargai 30 dolar AS atau setara Rp 427.690 (kurs Rp 14.300).

Di situs lainnya yakni daleysfruit, bibit pisang Blue Java ini harganya adalah 19,90 dolar AS atau setara Rp 283.701 (kurs Rp 14.300).

Di situs Floridahillnursery, bibir pisang Blue Java ini mencapati 10,99 dolar AS atau setara Rp 156.659 (kurs Rp 14.300).

Di market place lain seperti di situs terkenal Etsy, harga bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu ini mencapai Rp 1.183.432 (Rp 1,1 jutaan) dan penjualnya adalah orang Thailand.

Penjual lain di Etsy yang bernama akun earthangelhogie dari Amerika Serikat, menjual bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu ini seharga Rp 1.523.669 (Rp 1,5 jutaan).

Sekian informasi menarik dari pisang Blue Java atau pisang Kepok Awu. Kisanak bisa mendapatkan informasi menarik lain tentang serat pisang yang dibuat jadi kain di artikel Kain Serat Pisang dari Jepang, Kijoka Bashofu.

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Pisang Blue Java atau Kepok Awu, Manfaat dan Harga"