Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musa velutina, Pisang Unik Berwarna Pink

Dari sekitar seribu varietas pisang, ada banyak keunikan dan sisi menarik dari tanaman ini. Selain buah pisang adalah buah yang sangat populer di dunia, varietas pisang yang unik juga bagus dijadikan sebagai tanaman hias. Salah satu pisang hias tersebut adalah pisang pink atau Musa velutina.

pisang, pisang pink, musa velutina, pisang congkel langit
(Wikipedia.org/David Monniaux)

Musa velutina atau pisang pisang pink adalah salah satu jenis pisang liar. Tanaman pisang Musa velutina ini adalah salah satu tanaman pisang yang jarang ditemui.

Meskipun pisang liar, akan tetapi pisang pink yang juga disebut pisang Congkel Langit ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Hal ini karena pisang tersebut berwarna pink yang cerah dan unik.

Selain itu, Musa velutina atau pisang Congkel Langit juga tidak seperti pisang pada umumnya. Batang semu pisang yang biasa disebut oleh orang awam sebagai pohon, tidak tinggi menjulang melainkan pendek saja.

Berbeda dengan pisang merah "Red Dacca," yang bisa tumbuh tinggi maksimum, Musa velutina yang juga pisang merah ini tingginya rata-rata hanyalah 2 meter.

Buah pisang yang kulitnya berwarna pink kemerah-merahan ini unik karena bisa terkelupas sendiri ketika masih berada di pohonnya. Saat itulah, bijinya berarti sudah tua dan bisa diproses untuk disemai.

Berikut ini penjelasan mengenai pisang unik Musa velutina yang masih jarang ditemukan di Indonesia.

Asal-usul pisang Musa velutina atau pisang pink


pisang pink, pisang musa velutina, pisang congkel langit
Pisang pink atau pisang Musa velutina (Wikipedia.org/Forest & Kim Starr)

Pisang pink atau pisang Congkel Langit atau Musa velutina ini ditemukan dan dideskripsikan secara ilmiah oleh Hermann Wenland. Dalam dunia botani, namanya biasa disingkat H. Wendl.

Hermann Wenland adalah seorang botani yang berasal dari Jerman dan lahir pada 11 Oktober 1825 di Herrenhausen. Pada 12 Januari 1903, dia meninggal di Hanover dengan banyak karya yang sangat berguna bagi ilmu pengetahuan.

Beberapa deskripsi ilmiahnya termasuk Musa velutina dan genus palem Amerika Selatan yang dinamai menurut namanya, yakni Wendlandiella.

Baca juga: Berperang Melawan Kulit Pisang

Musa velutina atau pisang Congkel Langit ini ditemukan di daerah timur Himalaya, di wilayah yang bernama Assam.

Assam saat ini menjadi negara bagian India yang berbatasan dengan Bhutan. Kini daerah Assam terkenal dengan teh Assam dan sutra Assam. Di wilayah ini juga hidup badak bercula satu yang dilindungi.

Pisang pink paling cantik di dunia


Barangkali, karena warnanya yang pink kemerah-merahan, Musa velutina ini disebut sebagai salah satu pisang paling cantik di dunia.

Hal paling mendasar yang membuat Musa velutina ini berwarna pink kemerah-merahan karena mengandung pigmen karotin atau karotenoid. Pigmen karotenoid ini adalah senyawa dalam tumbuhan yang bisa membuatnya berwarna baik itu berwarna kuning, merah, oranye atau hijau.

Baca juga: Museum Pisang: Pisang Adalah Senyuman Alam

Karotenoid ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang itu berarti Musa velutina ini sebenarnya bergizi. Tapi karena bijinya yang super banyak, jadi sangat mustahil pisang pink ini dimakan.

Mungkin kalau orang Jawa, mereka punya istilah diklamuti atau hanya diemut untuk disesap dagingnya yang lembut dan bijinya kemudian dibuang. Pisang ini disebut rasanya manis tapi agak berbau.

Pisang Pink tahan dalam cuaca ekstrim


Secara umum pisang pink atau Musa velutina tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan suhu antara 20-25 derajat celcius. Selain itu juga dibutuhkan intensitas cahaya matahari penuh, pada tanah yang lembab

Namun, pisang pink atau pisang Congkel Langit juga disebut tanaman kuat yang dapat menahan suhu serendah 0 derajat celcius hingga -6 derajat celcius. Pada kondisi seperti ini, daunnya akan rusak tetapi akhirnya akan kembali bersemi seiring datangnya musim yang lebih hangat.

Banyaknya biji yang terkandung di dalamnya disebut sangat keras dan sulit untuk dibelah, misalnya dengan gigi. Jadi ketika memakannya, bukan bijinya yang pecah melainkan giginya yang akan rusak.

Baca juga: Blue Java, Jenis Pisang Unik Berwarna Biru

Tapi biji pisang ping atau pisang Congkel Langit ini dapat disemai dan dapat berkecambah menjadi bibit. Meski begitu, butuh upaya ekstra karena menurut beberapa catatan, perlu waktu selama enam bulan agar biji tersebut berkecambah.

Cara lain untuk memperbanyak adalah dengan teknik layaknya pisang, yakni memisahkan anaknya yang tumbuh dari rumpun. Mungkin dengan menggunakan teknik kultur jaringan, pisang ini juga dapat dikembang biakkan.

Nama lain dari pisang pink


pisang pink, pisang musa velutina, pisang congkel langit
Pisang pink atau pisang Congkel Langit (Musarama.org/Markku Hakkinen) 

Sejak awal sudah disinggung bahwa pisang pink ini adalah pisang Congkel Langit atau Musa velutina. Congkel Langit ini merujuk dengan penamaan dari LIPI, di mana tanaman ini juga jadi bagian dari koleksi Kebun Raya Bogor.

Baca juga: Mengapa Terpeleset Kulit Pisang Jadi Komedi?

Tidak terlalu jelas mengapa ini dinamakan ping Congkel Langit. Tapi mungkin karena pisang ini berbunga dengan cara jantungnya terus tumbuh ke atas sampai dia berbuah. Jantung atau bunga pisang pink tidak melengkung ke bawah seperti lumrahnya pisang.

Selain disebut pisang Congkel Langit, pisang pink juga disebut sebagai pisang berbulu. Ini karena pada kulitnya ada bulu-bulu halus mirip dengan kain beludru sehingga disebut demikian.

Harga bibit pisang pink


pisang, pisang pink, musa velutina, pisang congkel langit
Pisang Musa Velutina atau pisang Congkel Langit atau pisang pink (Tangkap layar YouTube/Midwest Gardener)

Ini adalah salah satu tanaman eksotis yang masih langka. Kalau pun ada, ini sangat jarang terlihat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pisang pink ini kalau ditanam tidak dibudidayakan untuk diambil buahnya, tapi dijadikan sebagai tanaman hias.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa memilikinya? Saya telah mencoba untuk mencari tahu di mana mencari bibit pisang pink ini di beberapa toko online di market place dalam negeri.

Ada beberapa yang menjual bibit pisang pink, yakn toko Benih Mawar di Tokopedia, yang mana lokasi tokonya disebutkan di Purworejo. Harga yang dicantumkan untuk mendapatkan bibit pisang pink adalah Rp 150.000.

Penjual bibit pisang pink lainnya bernama Fery di BukaLapak. Penjual ini memberikan label harga untuk pisang pink sebanyak Rp 75.000.

Untuk pasar luar negeri, beberapa toko online juga menjual bibit pisang pink tersebut. Namun harganya, untuk kantong orang Indonesia, mungkin tidak terlalu ramah.

Salah satu situs penjual bibit pisang pink adalah plantdelights. Dia menjual bibit pisang pink tersebut seharga 28 dolar AS atau sekitar Rp 398 ribu. Di salah satu toko online di Amazon, lima butir benih pisang pink dijual seharga 14,95 dolar AS atau sekitar Rp 213 ribu.

Itulah tadi informasi menarik mengenai pisang pink atau Musa velutina. Kisanak dapat membaca informasi menarik lain tentang pisang di situs ini.

Selain itu, pisang lain yang sudah mulai langka adalah pisang batu atau pisang kluthuk. Simak artikel Ciri Pisang Batu, Keunggulan, Manfaat dan Harga Bibit

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Musa velutina, Pisang Unik Berwarna Pink"