Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Resep Pisang Lezat dari Filipina

Asia Tenggara adalah tempat paling banyak tumbuh beragam jenis pisang. Dan Filipina adalah negara penghasil pisang terbesar di wilayah ini. Selain itu, di Filipina, pisang juga diolah dalam berbagai kuliner yang lezat. Berikut ini 4 resep pisang yang lezat dari Filipina.


pisang, resep pisang, resep pisang filipina
Ilustrasi (Pexels.com/Piotr Arnoldes)

Resep olahan pisang itu bisa beragam. Bahannya, bisa buah pisang itu sendiri atau bagian-bagian dari tanaman pisang.

Dari mulai bonggolnya, atau akarnya, pisang sebenarnya bisa diolah. Bunga pisang, atau masyarakat Jawa menyebutnya jantung pisang, juga bisa diolah.

Bahkan, ada yang pernah mengolah batang semu pisang, atau yang biasa disebut masyarakat awam pohon pisang, juga bisa diolah.

Inilah uniknya pisang, yang hampir semua bagian tanaman tersebut dapat diolah sebagai makanan. Di Filipina, tak terkecuali, mereka juga memiliki resep olahan dari tanaman pisang ini.

Berikut ini 5 resep pisang lezat dari Filipina, negara tetangga kita.

Resep pisang Kilawing Puso ng Saging


resep pisang filipina, pisang, resep jantung pisang
Ilustrasi (Unsplash.com/FOODISM360)

Resep yang pertama adalah Kilawing Puso ng Saging. Ini adalah salah satu resep tradisional Filipina yang menggunakan jantung pisang sebagai bahan dasar utama olahannya.

Olahan ini lebih sering terlihat seperti ditumis dengan campuran bawang puting dan bawang merah, dengan tambahan cuka.

Modal pembuatannya juga sangat terjangkau tapi menghasilkan olahan yang menggoda.

Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya:

  • Jantung pisang cincang
  • Bawang putih cincang
  • Bawang bombay diiris
  • Cuka tebu
  • Cabai hijau panjang iris
  • Kecap ikan
  • Lada hitam bubuk
  • Kaldu sayur
  • Air garam secukupnya
  • Minyak goreng


Langkah pertama, rendam jantung pisang dalam air garam selama 15-20 menit. Tujuannya, untuk menghilangkan getahnya. Peras jantung pisang tersebut dan tiriskan di saringan agar airnya menetes terbuang.

Pastikan untuk memeras dengan kuat agar getahnya benar-benar hilang. Biar nanti hidangannya tidak terasa pahit.

Langkah kedua, panaskan minyak goreng di atas wajan, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.

Langkah ketiga, tambahkan jantung pisang yang sudah diperas, dan tumis sekitar 4 menit. Tuang kaldu sayur dan kecap ikan, aduk hingga mendidih.

Langkah selanjutnya, yakni langkah keempat, tuang cuka, aduk dan tutup lalu biarkan hingga mendidih setidaknya selama 10-15 menit.

Langkah kelima, tambahkan cabai hijau dan lada hitam, masak sekitar lima menit.

Jika sudah matang, angkat masakan tersebut dan taruh di piring saji. Kilawing Puso ng Saging siap dihidangkan.

Resep pisang Saging con Hielo


resep pisang, pisang, resep es pisang

Olahan selanjutnya yang khas dari Filipina adalah olahan yang biasa disebut sebagai sajian penutup. Namanya Saging con Hielo. Olahan ini menggunakan bahan dasar pisang untuk membuatnya.

Bahan pisang yang biasa digunakan adalaha pisang Saba atau di Indonesia sering disebut sebagai pisang Kepok.

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara pembuatannya:

  • Pisang Saba (Kepok) matang kupas
  • Gula merah
  • Air
  • Ekstrak vanila atau esens vanila
  • Garam
  • Es serut
  • Susu evaporasi (bukan susu kental manis ya)

Langkah pertama untuk pembuatannya adalah tuangkan air ke dalam wajan dan tunggu sampai mendidih. Masukkan gula merah dan aduk sampai tercampur.

Langkah kedua, tambahkan ekstrak vanila dan garam secukupnya, lalu aduk dan tunggu setidaknya selama 1 menit agar semua tercampur dengan baik.

Langkah ketiga, tambahkan pisang Kepok yang sudah dikupas ke dalam wajan. Masak dengan api sedang dan biarkan cairan menguap hingga setengahnya. Kira-kira mungkin waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 menit.

Langkah keempat, matikan api kompor dan biarkan pisang menjadi dingin. Setelah itu, pindahkan masakan tersebut ke mangkuk saji, taburi dengan es serut dan susu. Hidangan lezat siap untuk disajikan dan disantap.

Resep pisang Turon


resep pisang, pisang, resep pisang lumpia
(Instagram.com/melodithjane)

Resep ketiga adalah resep pisang yang disebut Turon. Resep ini menggunakan bahan dasar buah pisang sebagai olahannya.

Secara sekilas, Turon ini lebih mirip dengan lumpia pisang yang digoreng. Masakan ini juga biasa disajikan sebagai makanan penutup, seperti halnya Saging con Hielo. Makanan ini juga bagus dijadikan sebagai camilan.

Berikut ini bahan-bahan dan proses pembuatannya:

  • Buah pisang Saba (Kepok) atau pisang raja, belah dua (memanjang)
  • Nngka matang, iris kotak-kotak
  • Gula pasir
  • Bungkus lumpia
  • Minyak goreng

Langkah pertama dalam pembuatannya adalah, pisang Kepok yang sudah dibelah tadi, campurkan dengan gula pasir. Campurkan semua belahan pisang Kepok dengan gula pasir tersebut.

Langkah kedua, letakkan pisang yang sudah berlapis gula di atas lembaran lumpia. Selanjutnya, tambahkan buah nangka yang dicincang di atas pisang, lalu bungkus pisang tersebut. Untuk mengunci atau menutupnya, biasanya menggunakan air yang dioleskan ke salah satu tepi kulit lumpia.

Langkah ketiga, siapkan wajan, panaskan minyak goreng dan larutkan gula pasir ke dalamnya. Tunggu hingga gula yang larut tersebut mengapung.

Langkah keempat, masukkan lumpia pisang ke dalam wajan, goreng lumpia tersebut sehingga luarnya terbalut gula yang sudah dicairkan di dalam wajan. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan, dan angkat lalu tiriskan. Turon siap dihidangkan selagi hangat, sebagai camilan atau makanan penutup.

Resep pisang Maruya


pisang, resep pisnag, resep pisang goreng, resep pisang goreng maruya
(instagram.com/Megaze)

Resep pisang Maruya dari Filipina ini adalah resep pisang yang bisa disajikan sebagai camilan di pagi hari atau sore hari. Ini sangat nikmat jika disandingkan dengan secangkir teh atau secangkir kopi.

Tapi jika Kisanak berselera dengan es, misalnya es kelapa muda atau es vanila, pisang Maruya ini juga sangat cocok menemani waktu santai Kisanak.

Pada dasarnya, resep Maruya adalah resep pisang goreng. Setiap orang bisa melakukan improvisasi untuk resep olahan ini. Tapi yang paling dasar adalah, gunakan buah pisang yang sudah masak, jangan yang setengah masak apalagi yang masih mentah.

Berikut ini bahan-bahan dan proses pembuatannya:

  • Pisang Saba (Kepok) atau pisang Raja, tumbuk sampai halus
  • Tepung terigu serbaguna
  • Ekstrak vanila
  • Telur kocok
  • Baking powder
  • Gula pasir putih
  • Susu segar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya


Langkah pertama, campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, baking powder dan gula. Campurkan secara merata dan pastikan campuran benar-benar sudah tercampur dengan baik.

Langkah kedua, masukkan pisang yang sudah ditumbuk halus secara sedikit demi sedikit dan aduk. Tambahkan telur kocok, susu segar, dan ekstrak vanila. Aduk dan pastikan campuran sudah tercampur secara merata. Jangan buat campuran lumer, tapi buatlah campuran agak kering kalis.

Langkah ketiga, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Kalau sudah panas, ambil adonan yang sudah jadi tadi dan masukkan ke dalam wajan. Gunakan minyak yang sedikit saja biar nanti pisang gorengnya tidan terlalu mengandung banyak minyak.

Langkah keempat, goreng adonan dan pastikan kedua sisinya matang sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan taburi dengan gula pasir di kedua sisinya. Maruya siap untuk dihidangkan.

Demikian 4 resep pisang lezat dari Filipina. Kisanak dapat mencoba resep tersebut, atau bahkan bisa melakukan improvisasi dengan campuran yang sesuai keinginan Kisanak.

Tahukah Kisanak bahwa pisang dapat dijadikan sebagai bahan tekstil? Berikut ini artikel menarik tentang Pisang Abaka, Jenis Pisang untuk Industri Kain

Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "4 Resep Pisang Lezat dari Filipina"