Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blue Java, Jenis Pisang Unik Berwarna Biru

Ada banyak jenis pisang di dunia ini. Menurut informasi, jumlah jenis pisang sekitar 1.000 varietas. Banyak di antara varietas itu unik dan menarik. Salah satunya adalah pisang Blue Java. Ini adalah pisang unik berwarna biru yang sering disebut sebagai pisang es krim.

pisang, pisang blue java, pisang kepok, pisang kepok awu, bibit pisang blue java, bibit pisang kepok awu
Ilustrasi (Unsplash.com/Mathis Jrdl)

Tampilan pisang Blue Java ini benar-benar berbeda dari kebanyak pisang lainnya. Jika kita biasa melihat pisang berwarna hijau atau kuning ketika matang, pisang Blue Java kulitnya berwarna biru.

Meski begitu, lapisan kulit berwarna biru dari pisang Blue Java ini akan memudar ketika tua dan warnanya menjadi kuning pucat saat matang.

Meski bernama pisang Blue Java, tapi pisang ini banyak ditemukan di berbagai wilayah seperti Filipina, Hawaii, Amerika Selatan atau Afrika. Pisang ini lumayan terkenal di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Masyarakat di sana telah membudidayakan pisang Blue Java ini sejak tahun 1920an.

Artikel ini akan membahas beberapa informasi menarik tentang pisang Blue Java, dari mulai keunikannya, kegunaannya, dan harga bibitnya jika Kisanak berharap akan membudidayakan pisang unik satu ini. Baca sampai habis ya.

Leluhur pisang Blue Java adalah pisang Asia Tenggara


Pisang yang saat ini paling terkenal adalah pisang Cavendis. Pisang ini menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan dan banyak sekali dibudidayakan. Ia biasa ditemukan di banyak negara dan harganya jualnya bagus.

Pisang Blue Java, meski tidak banyak jadi komoditas ekspor, tapi rasanya disebut tak kalah enak dibanding Cavendis. Pisang ini adalah pisang hibrida yang memiliki leluhur pisang dari Asia Tenggara.

Leluhur pisang Blue Java ini adalah Musa balbisiana dan Musa acuminata. Struktur genomnya termasuk dalam kelompok ABB yang itu berarti satu set kromosom disumbang Musa acuminata dan dua set kromosom dari Musa Balbisiana.

Pisang Blue Java biasa ditemukan di Hawaii dan ia biasa disebut sebagai pisang "Es Krim". Di Fiji, orang-orang di kepulauan tersebut menamainya "pisang Hawai", di Filipina ia disebut "Krie" dan di Amerika Tengah, pisang Blue Java disebut "Cenizo."

Bagaimana di Indonesia? Pisang Blue Java di Indonesia, khususnya di Jawa, pisang ini disebut dalam keluarga pisang Kepok yakni pisang Kepok Awu.

Pisang Blue Java tahan kondisi ekstrim


Jenis pisang Blue Java ini mampu tumbuh 4,5 meter sampai 6 meter. Selain menarik karena warnanya, ia juga disebut tahan hidup dalam kondisi yang ekstrim. Batang pohonnya dapat tumbuh besar dan kuat terhadap terpaan angin.

Menurut Huffington Post, pisang Blue Banana ini dapat bertahan meski di tanam di lahan yang cukup kering atau dingin.

Bahkan disebutkan, jika disiram secara teratur, ia masih dapat tumbuh dengan gagah ketika suhu berada di bawah minus nol derajat celcius. Yang penting, suhu tidak turun di bawah suhu minus 20 derajat celcius.

Pisang Blue Java mulai dapat berbuah ketika sudah berusia antara 15 hingga 24 bulan. Pemanenan buah pisang Blue Java ini dapat dilakukan setelah 115 hingga 150 hari sejak bunganya mulai muncul.

Pisang Blue Banana memiliki aroma vanilla seperti es krim


pisang blue java, pisang berwarna biru, pisang kepok awu

Keunikan lain dari pisang Blue Banana, selain karena warna dan daya tahannya terhadap lingkungan ekstrim, pisang ini memiliki aroma vanilla seperti es krim. Karena itu, di Hawaii, pisang ini lebih dikenal sebagai pisang es krim.

Ketika memasuki tahap paling matang, pisang Blue Java memiliki tekstur yang lembut dan akan meleleh ketika sudah memasuki mulut Kisanak. Rasanya manis meski tidak diberi zat aditif buatan.

Ken Love yang menjabat sebagai direktur utama Hawaii Tropical Fruit Growers mengatakan meski pisang ini manis, tapi masih ada pisang yang lebih manis lagi di Hawai. Dengan tekstur yang lembut, pisang Blue Banana oleh Ken Love sering dijadikan sebagai pengganti mentega yang dioleskan di atas roti.

Rasanya pisang yang beraroma seperti vanilla tersebut juga menjadi solusi terbaik menggantikan es krim ketika pisang tersebut dilembutkan dan dibekukan. Catatan penting, meski disebut beraroma seperti vanilla, tapi aroma itu tidak terlalu kuat.

Manfaat pisang Blue Java


Secara sekilas, jika orang Jawa melihat pisang ini sudah matang, maka bentuknya terlihat seperti pisang Kepok Awu dengan panjang yang berkisar antara 18 hingga 23 centimeter. Itu adalah ukuran yang cukup besar.

Makan satu buah pisang Blue Java ini sebenarnya bisa membuat perut lumayan kenyang apalagi memakannya lebih dari tiga buah.

Sebagai salah satu jenis kultivar yang biasa dibudidayakan, pisang Blue Java ini kandungan nutrisinya tidak jauh beda dengan jenis pisang lainnya. Yang membuat ia berbeda adalah warna kulitnya saja ketika mentah yang berwarna biru keperak-perakan.

Karena pisang sudah terkenal mengandung serat yang tinggi, oleh Healthline disebut bahwa mengonsumsinya bermanfaat untuk menjaga berat badan.

Selain itu, pisang Blue Banana juga dapat memperlancar pencernaan, kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti diabetes, dan penyakit jantung.

Harga bibit pisang Blue Java


Sebenarnya, sudah disinggung sebelumnya, pisang unik ini lumrah di Indonesia, khususnya di Jawa. Tapi beberapa tahun lalu, tepatnya sekitar tahun 2019, pisang ini pernah viral.

Mengapa itu menjadi viral? Karena pisang ini sudah mulai jarang ditemukan dan media-media asing justru mulai memberitakannya ketika mereka mendapati pisang Blue Java yang unik di Hawaii.

Kita pun kemudian latah mengabarkannya, meski sejatinya pisang ini telah lumrah banyak di Indonesia.

Pisang Blue Banana atau Kepok Awu ini mulai jarang dijumpai karena harga jualnya yang rendah. F. Rahardi pernah menulis di laman Kontan yang mengatakan ia kesulitan berburu pisang Blue Banana atau Kepok Awu. Ia mencari bibit Blue Banana untuk diselamatkan dan dijadikan sebagai koleksi di Kebun Raya Bogor.

Bagaimana harga bibit pisang Blue Java? Sampai saat ini, pisang jenis Blue Banana atau Kepok Awu di Jawa jarang dibudidayakan secara luas. Ia kadang hanya ditemukan di kebun belakang rumah atau pinggir sawah atau dipinggir kandang kambing.

Harga untuk bisa mendapatkan bibit pisang Blue Java kemungkinan berkisar di bawah Rp.50.000. Di beberapa toko daring, ada yang menjual bibit bonggolnya seharga Rp.35.000.

Kalau beruntung, Kisanak bisa mendapatkan bibit pisang Blue Java atau Kepok Awu ini secara gratis jika meminta kepada tetangga. Itu pun jika tetangga Kisanak memilikinya.

Menurut Rahardi, pisang Kepok Awu atau Blue Java ini di Amerika Selatan dan Afrika masuk dalam kategori plantain atau termasuk makanan pokok.

Ini karena kandungan pati yang ada di dalamnya, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan gulanya. Meski begitu, di tingkat internasional pisang Kepok Awu atau pisang Blue Java ini masuk dalam kategori buah meja alias buah pencuci mulut, seperti halnya pisang Cavendis.

Demikian informasi menarik tentang pisang Blue Java atau pisang Kepok Awu. Kisanak bisa mendapatkan informasi menarik lain seperti pembuatan museum pisang di Jerman dan Amerika Serikat. Klik saja pranalanya.


Kidung Pamungkas
Kidung Pamungkas Suka membaca, suka menulis, pekerja lepas

Posting Komentar untuk "Blue Java, Jenis Pisang Unik Berwarna Biru"